Analisis Front Crash Impact Desain Rangka Mobil Listrik Jenis Spaceframe Untuk Kendaraan Kompetisi

Muh Nurkoyim Kustanto

Abstract


Sasis berfungsi sebagai tulang punggung kendaraan yang menerima beban dari komponen kendaraan maupun reaksi kendaraan dilintasan. Performa sasis pada kondisi kritis kendaraan direncanakan untuk mencapai performa dan keamanan yang baik. Pemodelan finite element methode (FEA) mengacu kondisi kritis kendaraan saat tabrakan dari arah depan atau front crash impact. Pemodelan sasis kendaraan dilakukan untuk mengetahui reaksi desain sasis tim mobil listrik saat ini kemudian digunakan sebagai analisa sasis spaceframe yakni desain sasis 1 dengan posisi CG yang rendah dan desain sasis 2 dengan posisi bagian bawah sasis kendaraan yang datar. Hasil pemodelan FEA digunakan sebagai analisa dan perbandingan performa sasis berdasarkan pada nilai reaksi tegangan, deformasi, safety factor dan reduksi massa. Berdasar desain setiap sasis menunjukan karakteristik desain sasis 1 memiliki nilai terbaik. Desain sasis 1 menghasilkan reduksi massa 20 Kg, deformasi total 3,99 mm dan front crash impact menghasilkan safety factor sebesar 1,469 dengan kondisi tabrakan dari arah depan pada kecepatan 70 Km/h dan waktu tabrakan 0,2s.

 


Keywords


Chassis; Front Crash Impact; Spaceframe

Full Text:

PDF

References


Prastyo, B. W., Syafa’at, I. dan Dzulfikar, M. (2020) “Analisis Aerodinamika Pada Bodi Mobil Hemat Energi Lintang Samudra Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamics,” Jurnal Ilmiah Momentum, 16(1). doi: 10.36499/mim.v16i1.3366.

Keith, J. Wakeham. 2009. Introduction to Chassis Design. Newfoundland and Labrador. Memorial University.

Larminie, J., Lowrie, J. 2003. Electric Vehicle Technolgy Explained. Wiltshire: Great Britain by Antony Rowe Ltd.

Li, Liang. Wang, Xiangyu. Song, Jian. 2017. Fuel consumption optimization for smart hybrid electric vehicle during a car-following process. Mechanical Systems and Signal Processing. Vol. 87, pp.17-29.

Sood A. and Singh P. 2015. Analysis of Space Frame of formula SAE at High Speed with Ergonomic and Vibrational Factors. International Journal of Mechanical Engineering and Technology. Vol. 6, pp. 202-212.

Tyagi, Apoorva. 2016. Design and Analysis of a Space Frame Tubular Chassis for a Formula Student Car. International Journal of Innovative Research in Science, Engineering and Technology. Vol. 5, pp.16451-6456.




DOI: http://dx.doi.org/10.36499/jim.v18i1.5907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address : :

Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone: +6285713753171
 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.