Analisis Aerodinamika Pada Bodi Mobil Listrik Kalimasada Tipe Bodi Urban concept Dengan Pendekatan Computational Fluid Dynamics

Wahyu Aditya Setya Putra, Ahmad Khairul Faizin

Abstract


Peningkatan efisiensi energi merupakan salah satu tantangan utama dalam pengembangan kendaraan listrik. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan desain aerodinamis bodi mobil listrik Kalimasada tipe urban konsep. Metode yang digunakan dalam analisis numerik dengan simulasi CFD untuk memprediksi karakteristik aerodinamika serta mengamati fenomena aliran yang terjadi. Hasil simulasi menunjukkan bahwa desain bodi mobil Kalimasada saat ini memiliki potensi untuk ditingkatkan dari segi aerodinamis, dimana pada nilai koefisien gaya hambat dan gaya angkat mengalami penurunan seiring meningkatnya kecepatan aliran fluida. Perbandingan dari hasil simulasi yang terjadi dengan kecepatan yang sama antara desain bodi mobil Kalimasada, Antawirya, dan Nogogeni. Nilai koefisien gaya hambat pada desain bodi mobil Kalimasada dengan desain bodi mobil Antawirya menghasilkan nilai persentase perbandingan sebesar 18,6% sedangkan nilai koefisien gaya hambat pada desain bodi mobil Kalimasada dengan Nogogeni menghasilkan nilai persentase sebesar 38%. Oleh karena itu pada analisis lebih lanjut diharapkan melakukan modifikasi pada desain mobil, sehingga dapat diharapkan meningkatkan efisiensi aerodinamis pada kendaraan.

Keywords


aerodinamika, CFD, drag, lift, mobil Kalimasada.

Full Text:

PDF

References


Anderson, J.D. (2011) Fundamentals of Aerodynamics (6th edition), PLoS Computational Biology.

Aprillia, R.N. (2023) ‘Aerodynamic Analysis of Urban Single Seater Vehicle Body using Computational Fluid Dynamics ( CFD ) method, (229), pp. 95–102.

Faisal Saleh, B.A.D. (2024) Buku Pedoman Kontes Mobil Hemat Energi (Kmhe) Tahun 2024, Balai Pengembangan Talenta Indonesia Pusat Prestasi Nasional Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Jakarta.

Hasugian, T.D. (2018) ‘Simulasi Aerodinamika Pada Mobil Listrik Nogogeni Dengan Menggunakan Software ANSYS Fluent’, p. 100.

Iverson, B.L. and Dervan, P.B. (2018) ‘Studi Koefisien Drag Aerodinamika pada Model Ahmed Body Terbalik Berbasis Metode Numerik’, Teknik Mesin, 7, pp. 7823–7830.

Malalasekera, H.K.V. and W. (2020) An Introduction to Computational Fluid Dynamics, Open Journal of Fluid Dynamics.

Pradana, M.B. et al. (2024) ‘Analisa Aerodinamika Mobil Listrik menggunakan Ansys ( Studi Kasus Mobil Bharata )’, 3(1), pp. 24–33.

Pritchard, P.J. (2008) Fox And Mcdonald’s Introduction To Fluid Mechanics Eighth Edition. 8 th edition.

Sapienza, L. (2002) ‘Basics of vehicle aerodynamics’, Technology.

Saputra, Y. et al. (2020) ‘Perancangan bodi mobil hemat energi tipe urban bono kampar’.




DOI: http://dx.doi.org/10.36499/jim.v20i2.11604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address : :

Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone: +6285713753171
 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.