Analisa Pengaruh Variasi Campuran Bahan Bakar Pertamax dan Udara pada Sistem Pembakaran Kendaraan terhadap Gas Buang serta pada Performa Mesin
DOI:
https://doi.org/10.36499/jim.v20i2.11502Keywords:
Air flow ratio, bahan bakar, emisi gas buangAbstract
Pada variasi campuran udara dan bahan bakar ini dilakukan sedikit perubahan rasio campuran antara udara dan bahan bakar untuk mengetahui apakah ada perbedaaan nilai emisi gas buang,performa mesin dan konsumsi bahan bakar. Untuk mrnghindari kerusakan fatal yang terjadi dalam proses penelitian maka akan dilakukan sedikit saja variasi campurannya yaitu AFR (Air Flow Ratio) 13,5 : 1 dan 15,5 : 1. AFR ini biasanya sering digunakan oleh masyarakat untuk menghemat dan menaikkan performa mesin. Oleh karena itu dilakukan penelitian yang mengungkap dampak yang terjadi dari perubahan rasio campuran udara dan bahan bakar. Dari hasil penelitian didapat nilai emisi gas buang CO dan HC mengalami peningkatan saat dirubah variasinya dari nilai standar. Konsumsi bahan bakar berdasar nilai lambda juga mengalami perubahan. Perubahan yang paling terasa adalah pada performa mesin yaitu pada AFR 13,5 udara yang masuk kedalam ruang bakar lebih sedikit sehingga proses pembakaran bahan bakar menjadi lebih tidak stabil dan mengakibatkan suara ketukan didalam mesin. Konsumsi bahan bakar juga menjadi lebih boros dari biasanya karena proses pembakarannya tidak sempurna. Sedangkan pada AFR 15,5 performa mesin meningkat karena udara yang masuk kedalam ruang bakar lebih banyak dari standar. Akan tetapi karena udara yang masuk lebih banyak maka dibutuhkan bahan bakar yang lebih banyak juga dalam proses pembakarannya. Dampak pada mesin adalah mudah panas,konsumsi bahan bakar meningkat dan juga emisi gas buang meningkat cukup signifikan.References
Akhsan, M. N., 2016. Analisis Penggunaan
Hydrocarbon crack system (HCS) Dengan
Bahan Bakar Premium dan Pertamax
Terhadap Emisi Gas Buang Pada Sepeda
Motor Supra X 125. Dalam: Thesis.
Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Febriansyah, R., 2021. Kajian Teoritis Siklus
Otto Motor Bakar Bensin Dengan
Turbocharger Secara Termodinamika
Pada Mobil Toyota Kijang 5K. jurnal
Uisu.
Hibaturrahman, M. Z., 2019. Analisis Kinerja
Reaktor Hidrogen Pada Proses
Pembakaran Bahan Bakar Motor Bakar
Terhadap Emisi Gas Buang. e-Proceeding
of Engineering, 6(2), p. 4962.
Nurdiansyah, 2021. Study Komparasi Motor
Bakar Siklus Otto 4 Tak dan Siklus 6 Tak
MUB-2 Menggunakan Bahan Bakar
Pertamax. Thesis, Universitas Brawijaya.
Paloboran, M., 2023. Uji Kinerja Mesin Bensin
cc Sistem Injeksi Mekanis Berbahan
Bakar Gas LPG. Jurnal Teknik Mesin
Indonesia, 18(2), pp. 76-82.
Prasetiyo, D. H. T., 2022. Pengaruh Nilai RON
Pada Bahan Bakar Jenis Bensin Terhadap
Emisi Gas Buang. Jurnal Penelitian :
Cermin, 6(2), pp. 2580-7781.
Pratowo, B., 2019. Analisis Pengaruh Putaran
Mesin dan Bahan Bakar Terhadap Emisi
Gas Buang Pada Motor Bensin Empat
Langkah. Jurnal Teknik Mesin UBL, 6(2),
pp. 1-43.
Pulkrabek, W., 1997. Engineering Fundamental
of the Internal Combustion Engine.
s.l.:Prentice Hall International, INC.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.







