Analisa Pengaruh Variasi Campuran Bahan Bakar Pertamax dan Udara pada Sistem Pembakaran Kendaraan terhadap Gas Buang serta Performa Mesin

Rifqi Rahman Hidayat, Novel Karaman

Abstract


Pada variasi campuran udara dan bahan bakar ini dilakukan sedikit perubahan rasio campuran antara udara dan bahan bakar untuk mengetahui apakah ada perbedaaan nilai emisi gas buang,performa mesin dan konsumsi bahan bakar. Untuk mrnghindari kerusakan fatal yang terjadi dalam proses penelitian maka akan dilakukan sedikit saja variasi campurannya yaitu AFR (Air Flow Ratio) 13,5 : 1 dan 15,5 : 1. AFR ini biasanya sering digunakan oleh masyarakat untuk menghemat dan menaikkan performa mesin. Oleh karena itu dilakukan penelitian yang mengungkap dampak yang terjadi dari perubahan rasio campuran udara dan bahan bakar. Dari hasil penelitian didapat nilai emisi gas buang CO dan HC mengalami peningkatan saat dirubah variasinya dari nilai standar. Konsumsi bahan bakar berdasar nilai lambda juga mengalami perubahan. Perubahan yang paling terasa adalah pada performa mesin yaitu pada AFR 13,5 udara yang masuk kedalam ruang bakar lebih sedikit sehingga proses pembakaran bahan bakar menjadi lebih tidak stabil dan mengakibatkan suara ketukan didalam mesin. Konsumsi bahan bakar juga menjadi lebih boros dari biasanya karena proses pembakarannya tidak sempurna. Sedangkan pada AFR 15,5 performa mesin meningkat karena udara yang masuk kedalam ruang bakar lebih banyak dari standar. Akan tetapi karena udara yang masuk lebih banyak maka dibutuhkan bahan bakar yang lebih banyak juga dalam proses pembakarannya. Dampak pada mesin adalah mudah panas,konsumsi bahan bakar meningkat dan juga emisi gas buang meningkat cukup signifikan.

Keywords


Air flow ratio ; bahan bakar ; emisi gas buang

Full Text:

PDF

References


Akhsan, M. N., 2016. Analisis Penggunaan

Hydrocarbon crack system (HCS) Dengan

Bahan Bakar Premium dan Pertamax

Terhadap Emisi Gas Buang Pada Sepeda

Motor Supra X 125. Dalam: Thesis.

Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Febriansyah, R., 2021. Kajian Teoritis Siklus

Otto Motor Bakar Bensin Dengan

Turbocharger Secara Termodinamika

Pada Mobil Toyota Kijang 5K. jurnal

Uisu.

Hibaturrahman, M. Z., 2019. Analisis Kinerja

Reaktor Hidrogen Pada Proses

Pembakaran Bahan Bakar Motor Bakar

Terhadap Emisi Gas Buang. e-Proceeding

of Engineering, 6(2), p. 4962.

Nurdiansyah, 2021. Study Komparasi Motor

Bakar Siklus Otto 4 Tak dan Siklus 6 Tak

MUB-2 Menggunakan Bahan Bakar

Pertamax. Thesis, Universitas Brawijaya.

Paloboran, M., 2023. Uji Kinerja Mesin Bensin

cc Sistem Injeksi Mekanis Berbahan

Bakar Gas LPG. Jurnal Teknik Mesin

Indonesia, 18(2), pp. 76-82.

Prasetiyo, D. H. T., 2022. Pengaruh Nilai RON

Pada Bahan Bakar Jenis Bensin Terhadap

Emisi Gas Buang. Jurnal Penelitian :

Cermin, 6(2), pp. 2580-7781.

Pratowo, B., 2019. Analisis Pengaruh Putaran

Mesin dan Bahan Bakar Terhadap Emisi

Gas Buang Pada Motor Bensin Empat

Langkah. Jurnal Teknik Mesin UBL, 6(2),

pp. 1-43.

Pulkrabek, W., 1997. Engineering Fundamental

of the Internal Combustion Engine.

s.l.:Prentice Hall International, INC.




DOI: http://dx.doi.org/10.36499/jim.v20i2.11502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address : :

Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone: +6285713753171
 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.