Main Article Content
Abstract
The rapid development of digital technology has brought significant changes to the music industry, particularly in the mechanisms of distributing and monetizing artists' works. Digital distribution platforms like Believe.com play a crucial role in connecting musicians with the global market through distribution, promotion, and royalty management services. However, the protection of musicians' royalties in the digital era still faces various challenges, such as unequal revenue sharing and the risk of piracy. This research discusses the royalty protection mechanisms implemented by Believe.com, including its royalty management and transparency systems, and their impact on the sustainability of musicians' careers in the digital realm. This research also examines how Believe.com contributes to creating a fair and inclusive ecosystem for both independent musicians and major labels amidst the dynamics of the digital music industry. Findings indicate that innovation in digital distribution and royalty management is essential to ensure copyright protection and improve the welfare of musicians in the digital era, in line with the principles stipulated in Law Number 28 of 2014 concerning Copyright.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Annastasyia Mukrimah Yusuf, Ma’ruf Hafidz, H. K. (2024). Journal of Lex Philosophy (JLP). Journal of Lex Philosophy (JLP), 5(1), 260– 275 ;
- Dr. Nurwati, S. H. M. H. (2024). Hak Cipta Karya Musik dan Lagu. PENERBIT KBM INDONESIA. https://books.google.co.id/books?id=dG0pEQAAQBAJ ;
- Isra Ruddin, Handri Santoso, and Richardus Eko Indrajit, “Digitalisasi Musik Industri : Bagaimana Teknologi Informasi Mempengaruhi Industri Musik Indonesia,” Fuel, vol. 2, 2022, doi: 10.47709/jpsk.v2i01.1395;
- Smith, J. D. (2020). The Digital Music Revolution: Monetization, Copyright, and the Future of Artists. University Press;
- How, C. M. (2024). Abstrak Fakultas Syariah Universitas Islam Indonesia Interpolasi Perlindungan Hak Cipta Berbasis Hak Moral dan Ekonomi Melalui Lisensi di Media Sosial Ambiguitas Aturan Kewajiban Notaris Membubuhkan Sidik Jari Para Pihak Penghadap Minuta Protection Based terjadi , bukan sebagai langkah antisipatif . Padahal Mochar Kusumaatmadja menggarisbawahi bahwa hukum bertanggungjawab selama tidak melanggar hak cipta 5 . Berbeda dengan Jepang , melalui the Act on Protection masih responsif dalam menangani isu hukum terkini untuk melindungi hak ekskusif rakyat di era digital . tanpa perizinan yang dapat merugikan hak moral dan ekoomi pemegang cipta tersebut . Namun , pasca putusan. 18, 273–290;
- Layanan distribusi musik Believe.com: peran, model bisnis, dan kontribusinya bagi musisi independen, Believe Digital Corporate Website, 2024;
- Peralihan konsumen dari format fisik ke layanan streaming dan dampaknya terhadap industri musik global, Journal of Media Business Studies, 2020;
- Rinitami Njatrijani, Herni Widanarti dan Mutia Adiva Aribowo, ERA DIGITAL MELAHIRKAN PERAN BARU, AGGREGATOR MUSIK DALAM MENDISTRIBUSIKAN KARYA CIPTA LAGU DAN MUSIK, E-Journal UNDIP, 2020.
- Rohmah, N., & Indah, R. N. (2021). The Use of Modified English Song To Improve Vocabulary. Journal of English Language Teaching, 121–129. http://www.e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/eltin/article/view/2537 ;
- Soekanto, S. (2004). Penelitian Hukum Normatif. Jakarta: Rajawali Pers.
- Saputra, H. (2022). Desain Pembelajaran Bahasa Inggris Hukum Melalui Metode Communicative Language Teaching. Jurnal Syntax Admiration, 3(3), 626-623. https://doi.org/10.46799/jsa.v3i3.413
- Tantangan pembagian royalti dan pembajakan dalam industri musik digital, International Journal of Music Business Research, 2022;
- https://Believe.com, PT Believe Music Indonesia, Di akses pada : 1/12/2024;
- vice.com, Penyebab Royalti Era Streaming Tidak Ramah Buat Musisi, Di akses pada : 1/12/2024;
- dgip.go.id, Diskusi Teknis Pengelolaan Royalti Musik Di Ambon Bahas Pelindungan Hak Cipta Dan Penggunaannya, Di akses pada : 1/12/2024;
- Kompas.com, Piyu Bersama AKSI Perjuangkan "Direct Lisence" Bagi Musisi Indonesia, Di akses pada : 1/12/2024;
- dgip.go.id, Diskusi Teknis Pengelolaan Royalti Musik Di Ambon Bahas Pelindungan Hak Cipta Dan Penggunaannya, Di akses pada : 1/12/202
- Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik;
- Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2021 Tentang Pengelolaan Pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu Dan/Atau Musik;
References
Annastasyia Mukrimah Yusuf, Ma’ruf Hafidz, H. K. (2024). Journal of Lex Philosophy (JLP). Journal of Lex Philosophy (JLP), 5(1), 260– 275 ;
Dr. Nurwati, S. H. M. H. (2024). Hak Cipta Karya Musik dan Lagu. PENERBIT KBM INDONESIA. https://books.google.co.id/books?id=dG0pEQAAQBAJ ;
Isra Ruddin, Handri Santoso, and Richardus Eko Indrajit, “Digitalisasi Musik Industri : Bagaimana Teknologi Informasi Mempengaruhi Industri Musik Indonesia,” Fuel, vol. 2, 2022, doi: 10.47709/jpsk.v2i01.1395;
Smith, J. D. (2020). The Digital Music Revolution: Monetization, Copyright, and the Future of Artists. University Press;
How, C. M. (2024). Abstrak Fakultas Syariah Universitas Islam Indonesia Interpolasi Perlindungan Hak Cipta Berbasis Hak Moral dan Ekonomi Melalui Lisensi di Media Sosial Ambiguitas Aturan Kewajiban Notaris Membubuhkan Sidik Jari Para Pihak Penghadap Minuta Protection Based terjadi , bukan sebagai langkah antisipatif . Padahal Mochar Kusumaatmadja menggarisbawahi bahwa hukum bertanggungjawab selama tidak melanggar hak cipta 5 . Berbeda dengan Jepang , melalui the Act on Protection masih responsif dalam menangani isu hukum terkini untuk melindungi hak ekskusif rakyat di era digital . tanpa perizinan yang dapat merugikan hak moral dan ekoomi pemegang cipta tersebut . Namun , pasca putusan. 18, 273–290;
Layanan distribusi musik Believe.com: peran, model bisnis, dan kontribusinya bagi musisi independen, Believe Digital Corporate Website, 2024;
Peralihan konsumen dari format fisik ke layanan streaming dan dampaknya terhadap industri musik global, Journal of Media Business Studies, 2020;
Rinitami Njatrijani, Herni Widanarti dan Mutia Adiva Aribowo, ERA DIGITAL MELAHIRKAN PERAN BARU, AGGREGATOR MUSIK DALAM MENDISTRIBUSIKAN KARYA CIPTA LAGU DAN MUSIK, E-Journal UNDIP, 2020.
Rohmah, N., & Indah, R. N. (2021). The Use of Modified English Song To Improve Vocabulary. Journal of English Language Teaching, 121–129. http://www.e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/eltin/article/view/2537 ;
Soekanto, S. (2004). Penelitian Hukum Normatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Saputra, H. (2022). Desain Pembelajaran Bahasa Inggris Hukum Melalui Metode Communicative Language Teaching. Jurnal Syntax Admiration, 3(3), 626-623. https://doi.org/10.46799/jsa.v3i3.413
Tantangan pembagian royalti dan pembajakan dalam industri musik digital, International Journal of Music Business Research, 2022;
https://Believe.com, PT Believe Music Indonesia, Di akses pada : 1/12/2024;
vice.com, Penyebab Royalti Era Streaming Tidak Ramah Buat Musisi, Di akses pada : 1/12/2024;
dgip.go.id, Diskusi Teknis Pengelolaan Royalti Musik Di Ambon Bahas Pelindungan Hak Cipta Dan Penggunaannya, Di akses pada : 1/12/2024;
Kompas.com, Piyu Bersama AKSI Perjuangkan "Direct Lisence" Bagi Musisi Indonesia, Di akses pada : 1/12/2024;
dgip.go.id, Diskusi Teknis Pengelolaan Royalti Musik Di Ambon Bahas Pelindungan Hak Cipta Dan Penggunaannya, Di akses pada : 1/12/202
Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik;
Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2021 Tentang Pengelolaan Pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu Dan/Atau Musik;