Tradisi Khidmah dalam Perspektif Pendidikan Islam

samsudin ., Anis Tyas Kuncoro

Abstract


Salah satu tradisi yang lahir dari pesantren sebagai lembaga pendidikan tertua di Indonesia adalah Khidmah, yaitu sikap kerelaan santri mengabdikan diri kepada kyai untuk meneguhkan proses tafaqquh fi al-din di pesantren. Tradisi ini sejalan dengan konsep pendidikan Islam yang berorientasi pada proses internalisasi dan penanaman adab (pengetahuan, karakter dan tindakan) pada diri manusia. Pesantren Rohmatullah Cokro Grabag Magelang merupakan pesantren yang memiliki corak unik dalam penanaman nilai-nilai Islam melalui sinergi antara pembelajaran dan pengkhidmatan. Deskripsi tradisi Khidmah yang telah berlangsung puluhan tahun ini dikaji dalam perspektif pendidikan Islam. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research). Dalam pelaksanaannya menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif analisis dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, pengamatan, serta penelaahan dokumen studi dokumenter yang antara satu dengan yang lain saling melengkapi, memperkuat dan menyempurnakan. Hasilnya, corak tradisi khidmah yang dikembangkan pesantren Rohmatulloh berorientasi pada nilai-nilai pendidikan, kepemimpinan dan ketrampilan. Pengembangan tradisi khidmah ini sekaligus menjadi fenomena baru di lingkungan pesantren dalam rangka menyiapkan sumberdaya manusia yang unggul.


Keywords


Khidmah, Pesantren, Pendidikan Islam.

Full Text:

PDF

References


Abdillah, Aufa, The Khidmah Tradition of Santri Towards Kyai (The Review of ‘Urf & Psychology), Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 5 Issue 1, 2022. pp. 278-292 E-ISSN: 2614-8013

Abdillah, Masykuri, “Pesantren Dalam Konteks Pendidikan Nasional dan Pengembangan Masyarakat”, dalam Pendidikan Untuk Masyarakat Indonesia Baru, Jakarta: Grasindo, 2002

Achmadi, Ideologi Pendidikan Islam: Paradigma Humanisme Teosentris, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005

Arifin, M, Ilmu pendidikan Islam, Jakarta, Bumi Aksara, 2008

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. 2010

Departemen Pendidikan Nasional, KBBI Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka, 2018

Dhofier, Zamakhsyari, Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai, 1994

Elfachmi, A. K. Pengantar Pendidikan. Bandung: Erlangga, 2016

Fathoni, Haris Makmur, Pendidikan Islam, Jogjakarta, Ircisod, 2010

Husaini, Adian, Pendidikan Islam Membentuk Manusia Berkarakter dan Beradab, Depok: Komunitas NuuN, 2011

Junaidi, Mahfud, Ilmu Pendidikan Islam: Filsafat dan Pengembangan. Semarang: RaSAIL Media Group, 2010

Margono, S. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2005

Mastuhu. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: Seri INIS XX, 1994

Moleong, J. lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011

Mujib, Abdul, Jusuf Mudzakir, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008

Mujtahid, Reformulasi Pendidikan Islam, Malang: UIN-MALIKI Press, 2011

Muthohar, Ahmad, Ideologi Pendidikan Pesantren, Semarang: Pustaka Rosda Karya, 2007

Nizar, Samsul, Filsafat Pendidikan Islam, Pendekatan Historis, Teoritis, dan Praktis, Jakarta: Ciputat Pers, 2002

Samsudin, 2018 Manajemen Pesantren Mahasiswa, Jurnal Al-Fikri, Vol 1, No 2

________ , 2019 Tantangan Lembaga Pesantren di Era Disrupsi, Proceding Conference on Islamic Studies 2019, http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/cois/article/view/8063

Undang-Undang Pesantren nomor 18 tahun 2019 Bab II pasal 3

Umar, Ahmad Mukhtar, Mu’jam al-Lughah al-Arabiyah al-Mu’ashirah, Kairo: Alamul Kutub, 2008

Yasid, Abu. Paradigma Pesantren Menuju Pendidikan Islam Transformatif. Yogyakarta: Ircisod. 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.31942/pgrs.v10i1.6383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas dan Intelektualitas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY :

Google ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle Scholar Google Scholar Google Scholar

 

 

 


Alamat kami di :

PKPI2 FAI Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone: +626281327592589
Email: pkpi2@unwahas.ac.id

 

 
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats