PENDIDIKAN AKHLAK IBNU MASKAWAIH KONSEP DAN URGENSINYA DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER DI INDONESIA

Nurul Azizah

Abstract


Abstrak
Ibn Makawaih is a philosopher who focuses on morals. The concept of
morality is centered on the self-approach to God and the psychological
approach is a reference for many education practitioners. Miskawaih
business is to bring together Islamic teachings with ethical theories in
philosophy, making the concept of morality initiated more
comprehensive. There are three important things that can be understood
as moral education material, namely: things that are obligatory for the
needs of the human body, things that are obligatory for the soul and
things that are obligatory for their relationship with fellow human beings.
Ibn Miskawaih in his character concept emphasizes psychological and
religious aspects to improve the quality of one's character. The location
of the importance of psychology in education has long been recognized
by modern education experts. In modern education known as Educational
Psychology with various variants of the method.
Ibnu Makawaih adalah filosof yag memusatkan perhatiannya terhadap
akhlak. Konsep akhlaknya terpusat pada pendekatan diri terhadap tuhan
dan pendekatan psikologi menjadi rujukan banyak para praktisi
pendidikan. Usaha Miskawaih adalah mempertemukan ajaran syariat
islam dengan teori-teori etika dalam filsafat menjadikan konsep akhlak
yang digagasnya lebih komperehensif. Ada tiga hal penting atau pokok
yang dapat dipahami sebagai materi pendidikan akhlaknya, yaitu: hal-hal
yang wajib bagi kebutuhan tubuh manusia, hal-hal yang wajib bagi jiwa
dan hal-hal yang wajib bagi hubungannya dengan sesama manusia. Ibnu
Miskawaih dalam konsep karakternya menekankan aspek kejiwaan dan
agama untuk meningkatkan kualitas karakter seseorang. Letak
pentingnya ilmu kejiwaan dalam dunia pendidikan sudah lama disadari
oleh ahli pendidikan modern. Dalam pendidikan modern dikenal ilmu
Psikologi Pendidikan dengan pelbagai varian metodenya.
Key Word: Pendidikan Karakter Ibnu Maskawaih, Karakter Indonesia.

Full Text:

Download disini

References


DAFTAR PUSTAKA

Abidin, Zainal, “Konsep Pendidikan Karakter Islam Menurut Ibnu Maskawaih Dan Implikasinya Bagi Pendidikan Karakter Di Indonesia”, Jurnal Tapis Vol. 14, No. 02, (2014).

Ibn Miskawaih, Tahżib Al-Akhlaq Ibn Miskawaih, Beirut: Dar Al-Kutub Al-Alamiyah, 1985.

Ibnu Miskawaih, Constantine K. Zurayk, Kata Pengantar “Menuju Kesempurnaan Akhlak”,Terj. Helmi Hidayat, Bandung: Mizan, 1994.

Ibnu Miskawaih, Tahdzib Al-Akhlak, Bairut, Libanon: Daar Al-Kutub Al-Ilmiyyah, 1985.

Kemendiknas, Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa, Jakarta, T.P, 2010.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pasal 1 Nomor 5).

Rahman, Kamal Azmi Abd., Falsafah Akhlak Miskawaih, Pada International Conference On Aqidah, Dakwah And Syariah (2016).

Rosif, “Dialektika Pendidikan Etika Dalam Islam (Analisis Pemikiran Ibnu Maskawaih)” Jurnal Pendidikan Agama Islam Volume 3 Nomor 2 (2015).

Safii, “Ibn Miskawaih Filsafat Al-Nafs Dan Al-Akhlāq”, Jurnal Teologia Vol. 25, No. 1 (2014)

Setiawan, Ebta, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Iii, Kbbi Offline Versi 1.1, 2010

Sou’yb, Yoesoef, Pemikiran Islam Merubah Dunia, Jakarta: Firma Madju, 1934.

Subkhi, Ahmad Mahmud, “Al-Falsafah Al-Akhlaqiyyah Fi Al-Fikr Al-Islami Terj. Yunan Askaruzzaman, Beirut: Daran Nahdhah Al-‘Arabiyah, 1992.

Suwito, Filsafat Pendidikan Akhlak Ibnu Miskawaih, Yogyakarta: Belukar, 2004.

Ulwan, Abdullah Nashih, Tarbiyatul Aulad Fil Islam, Terj. Saifullah Kamalil, Dan Noer Ali, Bandung: Asy-Syifa’, 1988.

Zar, Sirajuddin, Filsafat Islam Filosof Dan Filsafatnya, Jakarta: Rajarafindo Persada, 2014.

Muliatul Maghfiroh, “Pendidikan Akhlak Menurut Kitab Tahzib Al-Akhlaq Karya Ibnu Miskawaih”, Tadrîs Volume 11 Nomor 2 Desember 2016.

Hariyanto & Fibriana Anjaryati, “Character Building: Telaah Pemikiran Ibnu Miskawaih Tentang Pendidikan Karakter”, JPII Volume 1, Nomor 1, Oktober 2016.

Najwa Mu'minah, “Character Building Dalam Konsep Pendidikan Imam Zarkasyi Ditinjau Dari Filsafat Moral Ibnu Miskawaih”, Jurnal Filsafat, Vol. 25, No. 1, Februari 2015.

Abdurrahmat Fathoni, Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2006.

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Walisongo Semarang, Pedoman Penulisan Skripsi, (Semarang: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Walisongo, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.31942/pgrs.v5i2.2609

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas dan Intelektualitas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

INDEXED BY :

         

 Google Scholar    

 

 

 

 


 

Alamat kami di :

PKPI2 FAI Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone: +626281327592589
Email: pkpi2@unwahas.ac.id

 

 
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats