PENDIDIKAN ISLAM PLURALIS-MULTIKULTURAL UPAYA MENANGKAL ANARKISME DALAM PENDIDIKAN

Taslim Sahlan, Laila Ngindana Zulfa

Abstract


Abstrac
Indonesia is a multicultural and multireligious country. Therefore, it is
necessary to study the development model of religion that emphasizes the
learning model with the overriding goal of combating violence, poverty,
corruption, manipulation and the like. Many events anarchism (hardness)
and terrorism in the name of Islam, invite the questions that it is true that
Islam as a religion rahmatanlil 'alamin. For these conditions, the concept of
Islamic education-based pluralist-multicultural is an offer that is absolutely
necessary, in order to create conditions more progressive in terms of
tolerance.
Keywords: Islamic Education, Pluralist-Multicultural, Anarchism.
Abstrak
Indonesia merupakan negara dan bangsa yang multikultural dan
multireligius, oleh sebab itu perlu adanya model pengembangan
pembelajaran agama yang menekankan kepada model pembelajaran dengan
tujuan utama yaitu memerangi kekerasan, kemiskinan, korupsi, manipulasi
dan sejenisnya. Merebaknya peristiwa anarkisme (kekerasan) dan terorisme
yang mengatasnamakan Islam, mengundang pertanyaan benarkah Islam
sebagai agamarahmatan lil ‘alamin. Untuk kondisi tersebut, kosep
pendidikan Islam berbasis pluralis-multikultural merupakan tawaran yang
mutlak perlu, supaya tercipta kondisi yang lebih progesif dalam artian
toleransi.
Kata kunci: Pendidikan Islam, Pluralis-Multikultural, Anarkisme.

Full Text:

Download disini

References


DAFTAR PUSTAKA

Al-Qur’an Departemen Agama

Angwarmase, Aris. 2009. “Mencari Landasan Pluralisme,” dalam Prospek

Pluralisme Agama, Yogyakarta: Interfidie.

Arif, Mahmud. 2012. “Pendidikan Agama Islam Inklusif-Multikultural,”

dalam Jurnal Pendidikan Islam, Volume 1, Nomor 1.

Baidhawy, Zakiyuddin. 2005. Pendidikan Agama Berwawasan

Multikultural, Jakarta: Erlangga.

Effendi, Djohan. 2009. Islam dan Pluralisme Agama, Yogyakarta: Interfidie.

Ghazali, Abd. Muqsid. 2009. Argumen Pluralisme Dalam Al-Qur’an, Jakarta:

Kartika.

Hidayati, Nurul. 2016. “Konsep Pendidikan Islam Berwawasan

Multikulturalisme,” Dalam Jurnal Pendidikan Islam, Volume 4

Nomor 1.

Maufur. 2012. “Islam Sebagai Rahmatan Lil-‘Alamin,” dalam Jurnal

Kawistara, Volume 2. Nomor 1.

Naim, Ngainun dan Achmad Sauqi. 2008. Pendidikan Multikultural,

Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Nuryatno, M. Agus. 2011, “Islamic Education in a Pluralistic Society,”

dalam Journal Al-Jamiah Vol. 43, Nomor 2.

Sirait, Sangkot. 2010. “Landasan Normatif Dalam Pendidikan Islam

Multikultural,” dalam Antologi Pendidikan Islam, Yogyakarta: Idea

Press.

Syam, Nur. 2012. Membangun Pendidikan Berbasis Islam Rahmatan lil –

‘Alamin, PPT. http//www.Nursyam.uinsby.ac.id. 2010. Dalam google

diakses tanggal 07 November 2016 pukul 11.00.

Tilaar, H. A. R. 2004. Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Jakarta: PT

Rineka Cipta.Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim

PROGRESS –Volume 6, No. 2, Desember 2018 113

Tobroni, Dkk. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan, Demokrasi, HAM, Civil

Society, dan Multikulturalisme, Malang : Pusapom.

Yaqin, M. Ainul. 2005. Pendidikan Multikultural, Yogyakarta: Pilar Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.31942/pgrs.v6i2.2540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas dan Intelektualitas

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

INDEXED BY :

Google ScholarGoogle Scholar Google ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle Scholar

 

 

 


Alamat kami di :

PKPI2 FAI Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone: +626281327592589 / +6285227248757
Email: pkpi2@unwahas.ac.id

 

 
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

View My Stats