PENERAPAN KONSEP ṬŪLU AZ-ZAMĀN MENURUT AZ-ZARNUJI DI PONDOK PESANTREN ASMA’ CHUSNA KRANJI KEDUNGWUNI PEKALONGAN

Mokhamad Miptakhul Ulum

Abstract


Abstract
Implementation of education that is very instant and commercial can
damage the process of character building of the nation so that in the long
term make education not as a means of social reconstruction but social
deconstruction. It is necessary that there is a long process in learning so there
is no moral decadence. The concept ofṭūluaz-zamān in the Ta‘līm alMuta‘allim according to Az-Zarnuji is very important as a terms of studying.
Az-Zarnuji combines ṭūluaz-zamān with żaka' (intelligent), ḥirṣin,
(willingness), iṣṭibārin (patient), bulgatin (money) and irsyādiustāżin
(teacher guidance) as an inseparable entity to produce learners qualified and
able to understand about the process of seeking knowledge both formal,
informal and nonformal. Ṭūluaz-zamān is important for students to cultivate
blessings but must be accompanied by khidmah (devotion), ta'allum
(learning) and ta'alluq bi syaikh (relationship with the teacher).
Kata Kunci: Ṭūlu az-zamān , Ta‘līm al-Muta‘allim, Az-Zarnuji
Abstrak
Penyelenggaraan lembaga pendidikan yang sangat instan dan
komersial dapat merusak proses pembentukan karakter bangsa sehingga
dalam jangka panjang menjadikan pendidikan bukan sebagai sarana
rekonstruksi sosial tapi dekonstruksi sosial. Proses pendidikan yang lama
dalam menimba ilmu sangat penting agar tidak terjadi dekadensi moral.
Konsepṭūlu az-zamān dalam kitab Ta‘līm al-Muta‘allim menurut Az-Zarnuji
sangat penting sebagai syarat menuntut ilmu. Az-Zarnuji
mengkombinasikanṭūlu az-zamān dengan żaka’ (cerdas), ḥirṣin, (kemauan),
iṣṭibārin (sabar), bulgatin (ada uang) dan irsyādi ustāżin (bimbingan guru)
sebagai satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan untuk menghasilkan peserta
didik yang berkualitas dan mampu memahami tentang proses mencari ilmu
baik formal, informal maupun nonformal. Tulu az-zaman itu penting bagi
santri untuk menumbuhkan berkah namun harus di sertai dengankhidmah
(pengabdian), ta’allum (belajar) dan ta’alluq bi syaikh (hubungan dengan
kyai).
Kata Kunci: Ṭūluaz-zamān,Ta‘līm al-Muta‘allim, Az-Zarnuji

Full Text:

Download disini

References


DAFAR PUSTAKAJurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim

PROGRESS – Volume 6, No. 2, Desember 2018 84

Abdurrahman, Moeslim. Islam Transformatif. Jakarta: Pustaka Firdaus.

Ahmad, Muhammad Abdul Qair. Ta’alim Muta’allim: al-Mursyid Al-Amin fi

al-Tarbiyah al-Banat wa al-Banin. Kairo: Maktabah al-Qur’an. 1986.

Al-A’zami, M.M. Sejarah Teks al-Qur’an: dari Wahyu Sampai Kompilasi.

Jakarta: Gema Insani Press. 2005.

Al-Baihaqi. Syu’ab al-Iman. Al-Maktabah asy-Syamilah.

Al-Gazāli. Mīzān al-amal. Al-Maktabah asy-Syāmilah.

Al-Santawi, Ahmad. Dairah al-Ma’arif al-Islamiyah. Beirut: Lajnah

Tarjamah. 1933.

Az-Zarnuji. Ta’līm al-Muta’allim. Semarang: Toha Putra. tt.

Ghafur, Waryono Abdul. Tafsir Sosial. Yogyakarta: eLSAQ Press. 2005.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Ibrahim. Ta‘līm al-Muta‘alim. Semarang: Toha Putra. tt.

Iqbal, Abu Muhammad. Pemikiran Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar. 2015.

Irham, Masturi. Sistematika Kodifikasi Hadis Nabi Dari Tinjauan Sejarah.

Kudus. Addin. Vol. 7, No. 2. Agustus 2013.

Jayana, Thoriq Aziz. Meneladani Semut dan Lebah: Mencari Makna

Tersirat di Balik Makhluk Ciptaan Allah. Jakarta: Elex Media

Komputindo. 2015.

Khadijah. Ulumul Hadis. Medan: Perdana Publishing. 2011.

Langgulung, Hasan. Manusia dan Pendidikan: Suatu Analisa dan Psikologi

dan Pendidikan. Jakarta: Pustaka al-Husna. 1989.

Lengrand, Paul. Pengantar Pendidikan Sepanjang Hayat. Terj. Lembaga

Studi Ilmu-ilmu Kemasyarakatan.Jakarta: Haji Masagung. 1989.Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim

PROGRESS – Volume 6, No. 2, Desember 2018 85

Masduki, Yusron. Sejarah Turunnya Al-Qur’an Penuh Fenomenal (Muatan

Nilai-Nilai Psikologi Dalam Pendidikan). Palembang. Medina-Te.

Vol.16, NO.1, Juni 2017.

Muhammad bin Idris. Diwan Imam asy-Syafi’i. Beirut: Dar al-Ma’rifah.

Mustaqim, Imam. Asas Tut Wuri Handayani.

https://imammalik11.wordpress.com/2011/11/18/asas-tut-wuri-handayani/ di

unduh pada tanggal 7 Januari 2018.

Purwanto, Ngalim. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rizal, H. Samsul. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers. 2002.

Salah satu dewan Pembina sekaligus pengasuh pondok pesantren Asma’

Chusna

Salam, Burhanuddin. Pengantar Paedagogik: Dasar-dasar Ilmu Mendidik.

Jakarta: Rineka Cipta. 1997.

Santrock, John W. Educational Psycology. Terj. Tri Wibowo BS. Jakarta:

Prenadamedia Group. 2007.

Shihab, M. Quraish. Membumikan al-Qur’an: Fungsi Peran Wahyu dalam

Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan. 2013.

Shihab, M. Quraish. Wawasan Al-Qur’an: Tafsir Tematik atas Pelbagai

Persoalan Umat. Bandung: Mizan. 2013.

Sya’roni, Sam’ani. Tafkirah Ulum al-Qur’an. Pekalongan: Al-Ghotasi Putra.

Syamsuddin, Muhammad. Tasliyyatu ahl al-Masa’ib. Maktabah asySyamilah.

Lutfiyah, Hanik Yuni. Teori Belajar dalam Ta’lim al-Muta’allim. Jurnal

Pendidikan Agama Islam. Volume 01, Nomor 01, Mei 2013.

Tholhah, Imam dan Ahmad Barizi. Membuka Jendela Pendidikan Mengurai

Akar Tradisi dan Interaksi Keilmuan Pendidikan Islam. Jakarta: Raja

Grafindo Persada. 2004.Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim

PROGRESS – Volume 6, No. 2, Desember 2018 86

Wawancara dengan KH. Achmad Mukhlish Chasani sebagai Pengasuh

utama Pondok Pesantren Asma’ Chusn pada hari Kamis, 21 Desember

di rumah beliau.

Yuslem, Nawir. Ulumul hadis. Jakarta: Mutiara Sumber Widya. 2001.




DOI: http://dx.doi.org/10.31942/pgrs.v6i2.2539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas dan Intelektualitas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY :

Google ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle Scholar Google Scholar Google Scholar

 

 

 


Alamat kami di :

PKPI2 FAI Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone: +626281327592589
Email: pkpi2@unwahas.ac.id

 

 
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats