PROBLEMATIKAPEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI LEMBAGA PENDIDIKAN KRISTEN (STUDI KASUS PAI DI SMK PENABUR PURWOREJO)

Daimurahman .

Abstract


Abstract
This research is conducted with the aim to find out the reasons for the
implementation of Islamic Education in the Christian Education Institute and
to find out the problem of learning Islamic Education in the Christian
Education Institution and its solution. This is a qualitative descriptive
research with the data sources of documents and interviews. The technique
of data collection is through observation, documentation and interviews. The
technique of data analyzing is inductively using the Miles and Huberman
model, namely data reduction, data presentation, and conclusion drawing.
The approach used is a interaksi edukatif approach. The results showed that
the reason of applying an Islamic Education learning in SMK Penabur
Purworejo due to the government regulation to implement Religious
Education in each Educational institution.
Keywords: Implementation, Problems, Solution
Abstrak
Penelitianini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui alasan
diimplementasikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Lembaga
Pendidikan Kristen dan untuk mengetahui problem pembelajaran Pendidikan
Agama Islam di Lembaga Pendidikan Kristen serta solusinya. Jenis
penelitian ini kualitatif diskriptif dengan sumber data dokumen dan
narasumber.Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan
wawancara. Teknik analisis data penelitian secara induktif dengan
menggunakan modelMiles and Huberman, yaitu reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Pendekatan yang digunakan adalah
pendekatan interaksi edukatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
pembelajaran PAI di SMK Penabur Purworejo karena mengikuti peraturan
pemerintah untuk mengimplementasikan Pendidikan Agama di setiap
lembaga Pendidikan.
Kata kunci: Implementasi, Problematika, Solusi

Full Text:

Download disini

References


DAFTAR PUSTAKA

Albab, Hayyan Ahmad Ulul. 2015. “Problematika Pembelajaran Pendidikan

Agama Islam Bagi Siswa Autis (studi kasus di SMA Galuh Handayani

Surabaya)”. Tesis.Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel

Surabaya.

Anjani, Dian & Abdul Majid. 2005.Pendidikan Agama Islam Berbasis

Kompetensi: Konsep dan Implementasi Kurikulum, Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Arifin, Muzayyin. 2003.Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi

Aksara.

Depertemen Pendidikan Nasional.2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia

edisi ketiga, Jakarta: Balai Pustaka.

Drajad, Zakiyah. 2001.Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi

Aksara.

Gunawan, Imam. 2015.Metodologi Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik.

Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2008.Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayat, Qomrudin, dkk. 2009.Mereka Berbicara Pendidikan Islam. Sebuah

Bunga Rampai, Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Ikhwani.2017. “Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan

Solusi yang dilakukan Sekolah dan Guru PAI di SMA N Takalar”.

Skripsi.Sarjana UIN Alaudin Makasar.

Kholidah, Lilik Nur & Ahmad Munjin Nasih. 2009.Metode dan Teknik

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: Refika Aditama,

Lias,Hasibuan. 2010.Kurikulum & Pemikiran Pendidikan, Jakarta: Gedung

Persada.

Margono, S. 2010.Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong, Lexy J. 2001.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja

Rosdakarya.Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim

PROGRESS – Volume 6, No. 2, Desember 2018 26

Muallimah.2014. “Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di

SMA Negeri 3 Medan”. Tesis.Pascasarjana Institut Agama Islam

Negeri Sumatera Utara Medan.

Muhaimin. 2007.Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam.

Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Mulyana, Dedy. 2004.Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Munis,H.W. 2002.Sastra Indonesia, Bandung:Rosdakarya.

Nata, Abudin. 2010.Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana.

Ramayulis. 2006.Ilmu Pendidikan Islam.Jakarta: Kalam Mulia.

Ramayulis. 2008.Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam

Mulia.

Roqib, Muhammad. 2009.Ilmu Pendidikan Islam: Pengembangan

Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat,

Yogyakarta: LKiS.

Sugiyono. 2009.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif

Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Uhbiyati, Nur &Abu Ahmadi.2006.Ilmu Pendidikan Cetakan ke II. Jakarta:

Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31942/pgrs.v6i2.2537

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas dan Intelektualitas

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/3.0/

INDEXED BY :

Google ScholarGoogle Scholar Google ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle Scholar

 

 

 


Alamat kami di :

PKPI2 FAI Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone: +626281327592589 / +6285227248757
Email: pkpi2@unwahas.ac.id

 

 
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

View My Stats