MANAJEMEN KURIKULUM DI SMP ALTERNATIF QARYAH THAYYIBAH KELURAHAN KALIBENING KECAMATAN TINGKIR KOTA SALATIGA

Maskur .

Abstract


Abstrak

Kurikulum merupakan suatu program pendidikan yang disediakan untuk
kegiatan pembelajaran bagi siswa. Kurikulum pada dasarnya tidak terbatas
pada sejumlah mata pelajaran saja, melainkan meliputi segala sesuatu yang
dapat mempengaruhi perkembangan siswa, seperti bangunan sekolah, alat
pelajaran, perlengkapan, perpustakaan, gambar-gambar, halaman sekolah, dan
lain-lain, yang pada gilirannya menyediakan kemungkinan belajar secara efektif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen kurikulum
di SMP Alternatif Qaryah Thayyibah. Berdasarkan hasil penelitian di SMP
Qaryah Thayyibah dapat diketahui bahwa implementasi manajemen kurikulum
tidak menggunakan standar kurikulum nasional, melainkan membuat desain
kurikuluim tersendiri, sesuai dengan pengantar buku pendidikan Alternatif
Qaryah Thayyibah. SMP Alternatif Qaryah Thayyibah dalam
mengimplementasikan kurikulum lebih mengedepankan kebutuhan, terutama
ditekankan pada kebutuhan belajar peserta didik.
Kata Kunci: Implementasi, manajemen, kurikulum
Abstract

Curriculum is an educational program that provided for the learning
activities for students. Curriculum is basically limited to the number of subjects
only, but includes everything that can affect the development of students, such as
school buildings, learning tool, equipment, libraries, pictures, school yard, and
others, which in turn provides the possibility to learn effectively. This study aims to
determine the implementation of the curriculum at junior management
Alternative Thayyibah Qaryah. Based on the results of research in Qaryah
Thayyibah SMP can be seen that the implementation of curriculum management
does not use a standard national curriculum, but makes its own kurikuluim design,
according to the introduction to the book Alternative education Qaryah
Thayyibah. Alternative SMP Qaryah Thayyibah in implementing the curriculum
emphasizes the need, especially the emphasis on the needs of learners.

Keywords: implementation, management, curriculum


Keywords


implementation, management, curriculum

Full Text:

Download disini

References


Bakhri, Syamsul. Islam dan Wacana Radikalisme Agama Kontemporer.

Jurnal DINIKA Vol 3. No. 1 January, 2004.

Hasani et. all, Ismail, Radikalisme Islam di Jabotabek dan Jawa barat:

Implikasinya terhadap Jaminan Kebebasan Beragama/

Berkeyakinan, (Jakarta: SETARA INSTITUTE, 2011).

IAIN Syarif Hidayatullah. 1992. Ensiklopedi Islam Indonesia. Jakarta:

Djambatan.

Imarah, Muhammad. 1999. Fundamentalisme dalam Perspektif Barat dan

Islam, Terjemahan Abdul Hayyie al-Kattani, Jakarta: Gema Insani

Press.

Kuntowijoyo. 1997. Identitas politik Umat Islam. Bandung: Mizan.

Madjid, Nurcholis. 1995. Islam Agama Peradaban; Mencari Makna dan

Relevansi Doktrin Islam dalam Sejarah. Jakarta: Paramadina.

Misrawi, Zuhairi. 2010. Al-Quran Kitab Toleransi, Jakarta: Grasindo.

Muhammad, Afif. 2013. Agama dan Konflik Sosial; Studi Pengalaman di

Indonesia. Bandung: Marja.

Munip, Abdul. Menangkal Radikalisme di sekolah. Jurnal pendidikan Islam

Vol 1 No. 2 Desember 2012 Badan Litbang dan Diklat Departemen

Agama RI.

Nasution, Harun. 1995. Islam Rasional. Bandung: Mizan.

Nuhrison M. Nuh. Faktor-faktor Penyebab Munculnya Faham atau Gerakan

Islam Radikal di Indonesia. Jurnal Harmoni Vol.VIII, No. 30, April -

Juni 2009.

Pusat Bahasa Depdiknas RI. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta:

Depdiknas.

Suradinata, Ermaya. 2004. Radikalisme dan Masa Depan Bangsa. Makalah

Seminar Nasional “Masa Depan Bangsa dan Radikalisme Agama”

diselenggarakan oleh Fakultas Ushuluddin, IAIN Sunan Gunung Jati

Bandung pada tanggal 17 Juni 2004.

Tim Penyusun DITPAIS Kemenag. 2010. Panduan Model Kurikulum PAI

Berbasis Multikultural. Jakarta : Ditjen Pendis.

Zada, Khamami. 2002. Islam Radikal; Pergulatan Ormas-ormas Islam Garis

Keras di Indonesia. Jakarta: Teraju.




DOI: http://dx.doi.org/10.31942/pgrs.v3i3.2451

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas dan Intelektualitas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


INDEXED BY :

Google ScholarGoogle Scholar Google ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle Scholar

 

 

 


Alamat kami di :

PKPI2 FAI Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone: +626281327592589 / +6285227248757
Email: pkpi2@unwahas.ac.id

 

 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

View My Stats