MADRASAH: FROM EARLY TIME TO NIZHAMIAH (Sejarah Sosial dan Kelembagaan Pendidikan Islam)

Arfiansyah Harahap

Abstract


Abstrak

 

Perkembangan Pendidikan Islam secara kelembagaan dari zaman klasik islam sampai saat ini tampak berbagai bentuk yang bervariasi, disamping lembaga bersifat umum seperti: kuttab, masjid, dan lembaga-lembaga yang mencerminkan kekhasan islam dan kemudian berkembang menjadi Madrasah. Madrasah menjadi pokok permasalahan tersendiri dan begitu menarik untuk dibahas dalam menjadi bahan pembicaraan tentang madrasah, Kebangkitan madrasah merupakan awal dari bentuk pelembagaan pendidikan Islam secara formal. Menariknya pembahasan madarasah ini untuk diteliti, merujuk pada sisi keilmuan, dimana yang ilmu-ilmu diajarkan di madrasah pada umumnya masih merupakan kelanjutan dari yang diajarkan di masjid, hingga akhirnya perkembangan kelembagaan pendidikan Islam menjadi madrasah Nizhamiyah

Kata kunci: Madrasah, Klasik, Sistem, Nizamiyah

Abstract

The development of Islamic Education institutionally from Islamic classical period to the present seems various forms, in addition the general institutions such as kuttab, mosque, and institutions that reflect the peculiarities of Islam and then develop into Madrasah. Madrasah is the subject of particular problems and so interesting to be discussed. Madrasah awakening is the beginning of the Islamic education institute formally. Interesting discussion of this madarasah to be examined, referring to the scientific side, where the sciences taught in madrasah in general is still a continuation of that taught in the mosque, until the institutional development of Islamic education into madrasah Nizhamiyah

Keywords: Madrasah, Classical, System, Nizamiyah


Keywords


Kata kunci: Madrasah, Klasik, Sistem, Nizamiyah

Full Text:

Download disini

References


Daftar Pustaka

Abu Luwis al-Yasu'I, al-Munjid fi al-Lughah wa al-Munjid Fi al-A'lam

Cet-23, Dar-masriq, Beirut.

Abuddin Nata, Sejarah Pendidikan Islam: Pada Periode Klasik dan

Pertengahan, (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2004).

Abdurrahman Mas’ud, Menggagas Format Pendidikan Nondikotomik,

(Yogyakarta: Gama Media, 2002).

Ahmad Amin, Dluhâ al-Islâm, vol. 2 (Kairo: Lajnah al-Ta’lif wa alTarjamah wa al-Nashr, 1952).

Ahmad Syalabi, al-Tarbiyyah wa al-Ta’lîm fi al-Fikr al-Islâmîy (Kairo:

Maktab al- Nahdlah, 1979).

Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam III, (Jakarta:Grafindo Persada,

.

Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam, (Jakarta: PT Raja Grafindo

Persada, 2000).

Charles Michael Stanton, Pendidikan Tinggi dalam Islam, ter. Afandi dan

Hasan Asari (Jakarta: Logos, 1994).

Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam, Ensiklopedi Islam jilid 4, cetakan ke10, (Jakarta: PT Ichtiar Baru Van Hoeve, 2002).

G. E. Bosworth, Dinasti-Dinasti, Judul Asli: The Islamic Dinasties,

Penerj:Ilyas Hasan, (Menchester: Mizan, 1993).

George Makdisi, Religion, Law and Learning in Classical Islam (Great

Britain: Variorum, 1991).

George Makdisi, The Rise of Colleges, Institution of Learning in Islam

and the West (Edinburgh: Edinburgh University Press, 1981).

Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim

Progress – Volume 6, No. 1, Juni 2018

Hasan Ibrahim Hasan, Târîkh al-Islâm al-Siyâsiy wa al-Dînîy wa alTsaqafîy wa al-Ijtimâ’iy, Vol.4 (Kairo: al-Nahdlah al-Misriyyah,

.

H.A. Malik fadjar, Visi Pembaharuan Pendidikan Islam, (Jakarta :

LP3NI, 1998).

Nashabe, Muslim Educational Institution (Beirut: Riyad Salh Square,

.

Mahmud Yunus, Sejarah Pendidikan Islam (Jakarta; PT Hidakarya,

Agung, 1992).

Naji Ma’ruf, Madarisu Qobla Al-Nizhamiyah, (Baghdad: Mathba’ah alMajma’ al-‘Ilmi al-‘Iraqi, cet. I, 1393 H/1973 M).

Nina M. Armando (ed. Bahasa), Ensiklopedia Islam , (Jakarta: Icthiar

Baru van Hoeve, 2005).

Rahman, Fazlur, Education The Schools - The Character Of Medieval

Islamic Learning - Curriculum And Institution, (Materi Kuliah

Sejarah Sosial dan Kelembagaan Islam Program Doktor UIN

Sunan Kalijaga 2014).

Samsul Nizar, Sejarah PendidikaN Islam: Menelusuri Jejak Sejarah

Pendidikan Era Rasulullah sampai Indonesia, (Jakarta:Kencana,

.

Tim Penulis IAIN Syarif Hidayatullah, Ensiklopedi Islam Indonesia,

(Jakarta: Djambatan, 1992).




DOI: http://dx.doi.org/10.31942/pgrs.v6i1.2204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas dan Intelektualitas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY :

Google ScholarGoogle Scholar Google ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle Scholar Google Scholar Google Scholar Google Scholar Google Scholar Google Scholar Google Scholar Google Scholar Google Scholar Google Scholar

 

 

 


Alamat kami di :

PKPI2 FAI Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone: +626281327592589 / +6285227248757
Email: pkpi2@unwahas.ac.id

 

 
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

View My Stats