PENDIDIKAN ISLAM DAN HUMANISME (AKTUALISASI HUMANISME DALAM PENDIDIKAN ISLAM)

M. Farid Fad

Abstract


Aspek mendasar dari pendidikan Islam adalah upaya melahirkan insan kamil. Dunia pendidikan Islam terbebani dengan asumsi positif bahwa pendidikan Islam sebagai suatu kegiatan yang mulia, sakral, mengandung kebijakan, dalam kenyataannya masih jauh dari nilai-nilai kemanusiaan. Akibatnya, pendidikan Islam belum mampu melahirkan sosok manusia yang mengedepankan sisi-sisi kemanusiaan (humanisme) nya.

Full Text:

Download disini

References


DAFTAR KEPUSTAKAAN

Al-Abrashy, Muhammad „Atiyah, Dasar-dasar Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan

Bintang,1970.

Azizy, Qodri A., Pendidikan (Agama) untuk Membangun Etika Sosial, Semarang,

Aneka Ilmu, 2002.

Chabib Thoha, dkk., Metodologi Pengajaran Agama, Yogyakarta: Kerjasama

Fak. Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang dengan Pustaka Pelajar 1999.

Djuwaeli, Irsjad, Pembaruan Kembali Pendidikan Islam, Jakarta, Karsa Utama

Mandiri dan PB Mathla‟ul Anwar, 1998.

Iskandar, Muhaimin, dalam Muh. Hanif Dzakiri, Paulo Freire, Islam dan

Pembebasan, Jakarta, Penerbit Pena dan Penerbit Djambatan, 2000.

Hadjar, Ibnu, 1999, (“Pendekatan Keberagamaan dalam Pemilihan Metode

Pengajaran Pendidikan Agama Islam”) dalam Chabib Thoha, dkk.,

Metodologi Pengajaran Agama, Yogyakarta: Kerjasama Fak. Tarbiyah

IAIN Walisongo Semarang dengan Pustaka Pelajar.

Ismail SM, “Konsep Pendidikan Islam; Studi Pemikiran Pendidikan Syeh

Muhammad Naquib al-Attas” Tesis Pascasarjana IAIN Walisongo

Semarang, (Semarang: Perpustakaan Pascasarjana IAIN Walisongo

Semarang, 2002).

Karim, M. Rasuli, “Pendidikan Islam Sebagai Upaya Pembebasan Manusia”,

dalam Muslih Musa (ed.), Pendidikan Islam di Indonesia Antara Cita dan

Fakta, (Yogyakarta: Tiara Wacana, 1991).

Khan, Achmad Warid, Membebaskan Pendidikan Islam, Yogyakarta: Kerjasama

Institut Tafsir Wacana (ISTAWA) dengan penerbit Wacana, 2002.

Kuntowijoyo, Paradigma Islam; Interpretasi Untuk Aksi, Bandung: Mizan, 1991.

Ludjito, Ahmad, “Filsafat Pendidikan dalam Islam” dalam Chabib Toha, dkk,

Reformasi Filsafat Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka pelajar, 1996.

Mas‟ud, Abdurrahman, Menggagas Format Pendidikan Nondikotomik;

Humanisme Religius Sebagai Paradigma Pendidikan Islam, Yogyakarta:

Gama Media, 2002.

------------, Menuju Paradigma Islam humanis, Yogyakarta: Gama Media, 2003.

Musa, Muslih (ed.), Pendidikan Islam di Indonesia Antara Cita dan Fakta,

Yogyakarta: Tiara Wacana, 1991.

Nurdin, Syafruddin dan M. Basyiruddin Usman, Guru profesional dan

Implementasi Kurikulum, Jakarta, Ciputat Press, 2003.

Rachmat, Jalaludin, Teologi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Grafindo Persada,

Sarwoko, Bambang, Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah, Cet. I, Semarang,

IKIP Semarang Press, 1989.

Syari‟ati, Ali, Humanisme Antara Islam dan Madzhab Barat, Bandung: Pustaka

Hidayah, 1992.

Thoha, Chabib, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Yogyakarta, Pustaka Pelajar,

Tilaar, H.A.R., Manajemen Pendidikan Nasional ; Kajian Pendidikan Mada

Depan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2001, Cet. V.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar

Bahasa Indonesia, Cet. 3, Jakarta, 1990.




DOI: http://dx.doi.org/10.31942/pgrs.v1i1.1430

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas dan Intelektualitas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

INDEXED BY :

         

 Google Scholar    

 

 

 

 


 

Alamat kami di :

PKPI2 FAI Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone: +626281327592589
Email: pkpi2@unwahas.ac.id

 

 
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats