Author Guidelines
Aturan Khusus
Judul
Judul artikel ditulis maksimal 15 kata, capitalize each word (besar kecil), Font Times New Roman 14 bold dan ditulis juga dalam Bahasa Inggris
Penulisan Nama Author dan Afiliasi
Penulis Pertama1,*, Penulis Kedua2, Penulis Ketiga3 (12pt) [minimal 2 penulis]
1Afiliasi Pertama, Alamat, Kota and Kodepos, Negara
1Email Penulis Pertama*; 2Email Penulis Kedua; 3Email Penulis Ketiga
Abstract
Abstract written in Indonesian and English contains all components of the article in brief (research objectives, methods/approaches, results and discussion of research). Abstract written in Indonesian and English in one paragraph, 125-200 words. (Times New Roman 11, single spaced).
Keywords: 3-5 keywords separated by commas. (Times New Roman 11, single spaced).
Introduction
Pendahuluan (berisi latar belakang, konteks penelitian, hasil kajian pustaka, dan tujuan penelitian yang terintegrasikan ke dalam paragraf-paragraf, dengan persentase 15-20% dari keseluruhan artikel. Tinjauan pustaka yang relevan dan pengembangan hipotesis (jika ada) dimasukkan dalam bagian ini. [Times New Riman, 12, normal]. Contains background, research context, literature review results, and research objectives integrated into paragraphs, with a percentage of 15-20% of the entire article. Relevant literature review and development of hypotheses (if any) are included in this section. [Times New Roman, 12, normal].
Method
Metode menjelaskan paparan dalam bentuk paragraf tentang rancangan penelitian, subyek dan obyek penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, dan analisis data yang secara nyata dilakukan peneliti, dengan persentase 10-15% [Times new roman, 12, normal]. Explains exposure in the form of paragraphs about research design, data sources, data collection techniques, and data analysis that is actually carried out by researchers, with a percentage of 10-15% [Times new roman, 12, normal].
Result and Discussion
Hasil penelitian berisi paparan hasil analisis yang berkaitan dengan pertanyaan penelitian, sedangkan pembahasan berisi pemaknaan hasil dan perbandingan dengan teori dan atau hasil penelitian sejenis,dengan persentase 40-60% dari keseluruhan artikel, hasil penelitian dapat dilengkapi dengan tabel, grafik (gambar), dan/atau bagan. Kemungkinan tindak lanjut kegiatan dapat juga disampaikan pada bagian ini [Times new roman, 12, normal]. Contain exposure to the results of the analysis relating to research questions, while the discussion contains the meaning of results and comparisons with the theories and or results of similar research, with a percentage of 40-60% of all articles, the results of research can be supplemented with tables, graphs / or chart. Possible follow-up activities can also be presented in this section [Times new roman, 12, normal].
Conclusion
Berisi temuan penelitian yang berupa jawaban atas pertanyaan penelitian atau berupa inti sari hasil pembahasan,yang disajikan dalam bentuk paragraf . Saran dapat disampaikan pada bagian ini [Times new roman, 12, normal]. Contains research findings in the form of answers to research questions or in the form of the essence of the results of the discussion, which are presented in paragraph form. Suggestions can be given in this section [Times new roman, 12, normal].
References
Setiap sumber yang dikutip dalam badan artikel harus muncul dalam referensi. Sumber yang dikutip berasal dari publikasi 10 tahun terakhir minimal 15 rujukan. Kutipan dan referensi merujuk pada style American Psychological Association edisi keenam. Penulisan daftar pustaka disarankan menggunakan aplikasi sitasi (mendeley, zotero, endnote). [Times new roman, 12, normal]. Each source quoted in the article body must appear in the reference. The sources cited are from the last 10 years minimal 15 references. Quotes and references refer to the sixth edition of the American Psychological Association. Writing a bibliography is recommended using the citation application (mendeley, zotero, endnote). [Times new roman, 12, normal].
Rujukan dari Buku
Anderson, D.W., Vault, V.D. & Dickson, C.E. 1999. Problems and Prospects for the Decades Ahead: Competency Based Teacher Education. Berkeley: McCutchan Publishing Co.
Rujukan dari Buku yang berisi Kumpulan Artikel (ada editornya)
Letheridge, S, & Cannon, C. R. (Eds). 1980 Bilingual: Teaching English as a Second Language. New York: Praeger
Rujukan dari Artikel dalam Jurnal
Hanafi, A. 1989. Partisipasi dalam Siaran Pedesaan dan Pengadopsian Inovasi. Forum Penelitian, 1 (1): 33-47
Rujukan dari Artikel dalam Koran
Gardner, H. 1981. Do babies Sing a Universal Song? Psychology Today, hlm. 70-76
Huda, M. 13 November, 1991. Menyiasati Krisis Listrik Musim Kering,. Jawa Post, hlm 6
Rujukan dari Koran Tanpa Penulis
Jawa Pos. 22 April, 1995. Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri, hlm. 3.
Rujukan dari Skripsi, Tesis, dan Disertasi
Pangaribuan, T. 1992. Perkembangan Kompetensi Kewacanaan Pembelajar Bahasa Inggris di LPTK. Disertasi tidak diterbitkan. Malang. Program Pascasarjana IKIP Malang.
Rujukan dari internet:
Internet (karya individual):
Hitchock, S., Carr, L. & Hall, W. 1996. A Survey of STM Online Jurnals 1990-1995: The Calm before the Strom, (Online), (http://journal.ecs.soton.ac.uk/survey/ survey.html, diakses 12 Juni 1996).
Internet (artikel dalam jurnal online):
Kumaidi. 1998. Pengukuran Bekal Awal Belajar dan Pengembangan Tesnya. Jurnal Ilmu Pendidikan. (Online), Jilid 5, No. 4, (http://www.malang.ac.id, diakses 20 januari 2000).