Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V SD Negeri 24 Pakkanna pada materi “Meneladani Perjuangan Rasulullah” melalui pendekatan Project-Based Learning (PJBL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah 20 siswa kelas V. Data dikumpulkan melalui angket, observasi, wawancara, dan tes formatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa dari siklus I (82,5%), siklus II (91,7%), hingga siklus III (95,7%). Nilai rata-rata siswa juga meningkat dari 81,3 (siklus I) menjadi 84,25 (siklus II) dan 86,8 (siklus III). Penerapan PJBL terbukti efektif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.


 


Kata kunci: Project-Based Learning, Minat Belajar, Pendidikan Agama Islam, Perjuangan Rasulullah

Article Details