PERANCANGAN SISTEM ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) PADA PERUSAHAAN PROVIDER INTERNET PT. BLITZSPOT NETWORK SOLUTION

Ria Melinda Putri, Tacbir Hendro Pudjiantoro, Puspita Nurul Sabrina

Abstract


CRM adalah strategi pemasaran yang digunakan oleh suatu organisasi atau perusahaan untuk dapat menciptakan dan mempertahankan suatu hubungan yang baik juga berkelanjutan dengan pelanggan dan mengurangi kemungkinan para pelanggan pindah ke perusahaan lain. PT. Blitzspot Network Solution merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa yang menyediakan jasa pemasangan jaringan internet. Pemasaran yang ada masih lambat karena masih hanya menunggu pelanggan datang dan pelaporan keluhan pelanggan yang belum memadai mengakibatkan tidak diketahuinya tingkat kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) yang berbasis website pada PT. Blitzspot Network Solution agar dapat menjalin hubungan dan meningkatkan pelayanannya kepada pelanggan. Pengembangan sistem penelitian ini menggunakan metode waterfall dengan beberapa tahapan yaitu analysis, design, coding, testing dan implementation. Dengan sistem Electronic Customer Relationship Management diharapkan perusahaan dapat mempertahankan pelanggan yang ada, menjalin hubungan yang berkelanjutan dan dapat meningkatkan pelayanannya kepada pelanggan.

Kata kunci : E-CRM; pelanggan;sistem;waterfall.

 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36499/psnst.v1i1.2883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Address : :

Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone:  +6285226622609
 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.