PERANCANGAN SISTEM ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT E-CRM UNTUK MENDUKUNG INDUSTRI MANUFAKTUR DI PT. GARUDA MAS SEMESTA

Rifaldi Elpry Rizal, Winta Witanti, Asep Id Hadiana

Abstract


Perusahaan yang bergerak pada bidang tekstil yaitu PT. Garuda Mas Semesta atau sering disebut (Gamatex) ingin menjadikan perusahaan terkait yang dapat bersaing dalam menjalankan ushanya PT. Garuda Mas Semesta menjual produk kain denim ke sejumlah sentra perdagangan kain dikota-kota besar di Indonesia dan bahkan luar negeri. Denga kondisi yang terjadi saat ini yaitu kurangnya tempat atay sarana untuk mewadahi pengguna dalam keluhan atas produk atau informasi baik berupa promosi ataupun saran terhadap perusahaan terkait. Berdasarkan permasalah yang ada, tujuan dari penelitian ini merancang Sistem Electronic Customer Relationship Management (E-CRM). Penelitian ini menggunakan metode Waterfall untuk dapat merancang Sistem Electronic Customer Relationship Management (E-CRM). Hasil penelitian ini adalah merancang Sistem Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) berbasis web dengan berisi informasi bagaimana mengimplementasikan konsep analytical and collaborattive CRM dalam sebuah situs perusahaan PT. Garuda Mas Semesta, saran, menangani keluhan pelanggan pada organisasi tersebut, pembuatan laporan secara sistem, dan mengolah keluhan pelanggan sehingga dapat mengetahui dan menjadikan evaluasi bagi perusahaan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap perusahaan. 

Kata kunci : customer relationship managaement, E-CRM, website, PT. Garuda Mas Semesta

Full Text:

F.18._99-103.pdf


DOI: http://dx.doi.org/10.36499/psnst.v1i1.2381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Address : :

Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone:  +6285226622609
 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.