EDITOR DAN REVIEWER

Kata Pengantar

Abstract


            Perguruan tinggi merupakan salah satu institusi yang mengemban tugas untuk melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta menyebarluaskan hasil-hasil penelitian dan pengabdian tersebut. Adanya kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan berbasis pada persoalan-persoalan yang timbul sehingga memunculkan solusi dan pengembangan khususnya bagi ilmu pengetahuan dan teknologi. Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim Semarang (Unwahas) sebagai bagian dari Lembaga Pendidikan Tinggi berkeinginan untuk turut serta dalam publikasi hasil-hasil penelitian dan pengabdian tersebut.  Untuk itu perlu kiranya diterbitkan sebuah buku sebagai salah satu media publikasi seminar.

Alhamdulillah, buku Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi (SNST) ke-9 Tahun 2018 ini telah terbit.Prosiding ini berisi kumpulan makalah (call for paper) hasil penelitian dan kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dipresentasikan dalam Seminar Nasional tanggal 18Juli 2018.Seminar ini digelar rutin setiap tahun dengan penyelenggara Fakultas Teknik Unwahas.

Seminar kali ini menghadirkan dua narasumber yaitu: Harjanto Kusuma Halim, M. Sc (Praktisi Industri Pangan dan CEO PT. Marifood) serta Prof. Dr. M. Djaeni, ST, M. Eng (dosen Jurusan Teknik Kimia Universitas Diponegoro).Setelah mengalami proses seleksi dan presentasi, dalam SNST ke-9 ini ada152 judul makalah yang terbagi dalam delapan bidang, yaitu:(A) Kimia dan Pangan; (B) Farmasi dan Ilmu Kesehatan; (C) Energi; (D) Material Teknik dan Perancangan; (E) Manufaktur dan Teknik Industri; (F) Informatika; (G) Elekto dan Elektronika; serta (H) Sipil dan Arsitektur. Peserta seminar berasal dari berbagai institusi Pendidikan Tinggi di berbagai wilayah di Indonesia serta berbagai Lembaga Pengembangan Teknologi. Selain buku prosiding cetak, makalah juga disusun dalam buku prosiding elektronik (e-prosiding) serta diunggah pada laman http://publikasiilmiah.unwahas.ac.idyang telah ter-indeks di GoogleScholar, Indonesian Publication Indexdan Portal Garuda Ristekdikti.

Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada seluruh peserta seminar, sponsor, dan segenap pihak yang telah membantu dalam penyelenggaraan seminar ini.Harapan kami, semoga buku Prosiding ini membawa manfaat bagi masyarakat luas, khususnya pada bidang sains dan teknologi di Indonesia.


Full Text:

I.PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36499/psnst.v1i1.2312

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Address : :

Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone:  +6285226622609
 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.