IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CLT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA AKTIF BAHASA INGGRIS BERBASIS NILAI-NILAI KARAKTER BERBAHASA

Arif Widagdo

Abstract


Abstrak
Berbicara merupakan salah satu keterampilan berbahasa Inggris yang sangat penting dalam
komunikasi lisan yang berkualitas dari sisi konten kalimat dan karakter (kesantunan) berbahasa.
Penelitian ini berawal dari permasalahan mahasiswa PGSD FIP UNNES (sekitar 70%)
memiliki kemampuan berbicara (speaking) bahasa Inggris yang masih kurang bagus. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi active speaking mahasiswa melalui
model Communicative Language Teaching (CTL) dalam proses kegiatan pembelajaran mata
kuliah bahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Communicative
Language Teaching dapat meningkatkan kompetensi active speaking mahasiswa dalam proses
kegiatan pembelajaran mata kuliah bahasa Inggris di PGSD yang berbasis konservasi nilainilai karakter (berbahasa). Indikator active speaking (keaktifan berbicara secara aktifkomunikatif). Dalam proses pembelajaran, keterampilan active speaking menjadi fokus utama
penelitian tindakan ini, dimana desain pembelajaran melibatkan empat kompetensi
komunikatif yaitu: kompetensi gramatikal, kompetensi sosiolinguistik, kompetensi
wacana/discourse, dan kompetensi strategi. Dilihat dari hasil penilaian siklus I ada peningkatan
rara-rata kelas. Nilai rata-rata kelas pada pra tindakan yaitu 68,77 pada siklus I meningkat
menjadi 76,38. Dan hasil penilaian siklus II menunjukan adanya peningkatan rara-rata kelas
yang cukup signifikan, dimana nilai rata-rata kelas pada siklus I yaitu 76,38 pada siklus II
meningkat menjadi 82,20.
Kata Kunci: Bahasa Inggris, CLT, Active Speaking, Nilai Karakter Berbahasa
Abstract
Speaking is one of skills in English which very important for spoken communication, content
side of sentence and speak in character (politeness). This research start from problem of PGSD
student in FIP UNNES (around 70%) have lack of English skill. The goal of this research is to
improve the competence of student’ active speaking through communicative languange
teaching (CLT) model in learning process of English course. The result show that the
implementation of communicative languange. Teaching can improve the competence of
student’s active speaking in English course of PGSD based on conservation of character value
Arif Widagdo Penerapan Model CLT...
65 MAGISTRA - Volume 9 Nomor 2 Desember 2018
( speak in ). Indicator of active speaking skill become main focus in this action research, where
the learning design involving four communicative competencies, they are : grammatical,
socialinguistic competence, discourse competence and strategy competence. Seen by the result
of cycle I, there is improvement score in class average. Average score on pra treatment is
68,77, on cycle 1 increase become 76,38. And the result of scoring on cycle II shows the is
improvement on significant average, where class average score on cycle I is 78,38 on cycle II
increase become 82,20
Keywords: English, CLT & active speaking, character values in language

Full Text:

Download disini

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi, Penilaian Program Pendidikan. Jakarta: Proyek Pengembangan

Lembaga Pendidikan Tenaga Kepandidikan Direktorat Jenderal Pendidikan

Tinggi Depdikbud, 2012.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Kurikulum 2000 Standar Kompetensi

Bahasa Inggris Sekolah Menengah Atas dan MA. Jakarta: Depdiknas, 2003.

Moleong, L. J, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,

________, Designing Task for the Communicative Classroom. Cambridge: Cambridge

University Press, 2009.

________, Task-based Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press,

________. Tak-Based Language Teaching in the Asia Context: Defining Task. Diambil

pada tanggal 14 September 2007 dari http:///www.asian-efl.journal.com.

Nurgiyantoro, Burhan, Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta:

BPFE, 2011.

Oemar Suwito, Komunikasi untuk Pembelajaran. Jakarta : Depdikbud, 2009.

Raka Joni, T, Pendekatan Cara Belajar Siswa Aktif: Acuan Konseptual Peningkatan

Mutu Kegiatan Belajar Mengajar. Jakarta: Konsorsium Ilmu Pendidikan

Depdikbud, 2009.

Rombepajung, J. P, Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa Asing. Jakarta: Depdikbud,

Samana, A, Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius, 2014.

Siswoyo, Bambang, Penerapan Pengajaran Berbasis Tugas dalam Pengajaran Bahasa

Inggris dan Pengaruhnya terhadap Pembelajaran Siswa SLTP Negeri

Karanganyar. Tesis magister, tidak diterbitkan. Universitas sebelas Maret.

Surakarta, 2013.Arif Widagdo Penerapan Model CLT...

MAGISTRA - Volume 9 Nomor 2 Desember 2018

Soedjiarto. Memantapkan Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Widiasarana Indonesia,

Wahyuningsih, Tri. Peningkatan Pembelajaran Seni Tari melalui Penerapan Metode

Imitatif dan Penugasan di SD Negeri Sidorejo, Selomartani, Kalasan, Sleman,

Yogyakarta. Skripsi, tidak diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Yogyakarta, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.31942/mgs.v9i2.2545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY :

Google ScholarGoogle Scholar Google ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle ScholarGoogle Scholar

 

 


Alamat kami di :

PKPI2 FAI Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone: +626281327592589 / +6285227248757
Email: pkpi2@unwahas.ac.id

 

 

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


View My Stats