KOMPETENSI PEDAGOGIK PESERTA PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN

Ali Imron, Linda Indiyarti Putri

Abstract


ABSTRAK

 

Pedagogik merupakan salah satu kompetensi yang wajib dimiliki oleh guru. PGMI Universitas Wahid Hasyim merupakan bagian dari agen pendidik yang disiapkan untuk memenuhi target outcome menjadi pendidik profesional. Fokus penelitian ini adalah bagaimana kemampuan kompetensi pedagogik mahasiswa peserta PPL tahun pelaksanaan 2018 sesuai dengan indikator ketercapaian.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dan dieksplorasikan melalui data kuantitatif. Pada penelitian ini menggunakan rangka kerja Milles dan Huberman dan difokuskan melalui logika induktif dalam menarik kesimpulan dari data yang ada. Kedudukan peneliti dalam penelitian ini sebagai instrumen penelitian artinya peneliti dimaksudkan sebagai alat pengumpul data.Hasil analisis menunjukkan bahwakompetensi pedagogik mahasiswa praktikan berkatogori baik. Hal ini ditunjukkan pada interpretasi skor sebesar 76,56%. Peran dan fungsi guru pamong dan Dosen Pembimbing Lapanganmampu memberikan arahan guna meningkatkan kualitas kompetensi pedagogik mahasiswa.

Kata kunci: Kompetensi Guru; Pedagogik; PPL.

Pedagogic is one of competencies that should be owned by a teacher. Study program of Education of Islamic Elementary School Teacher (PGMI) in Wahid Hasyim University is a part of educator agent which are set to fulfill outcome product become professional educator. Focus of this research is how the pedagogic competency ability of college student as Field Experience Program (PPL) participants in 2018 according to achievement indicator. This research used descriptive qualitative research and explored by quantitative data. This research used Milles and Huberman framework and focused in inductive logical for concluded the data. The researcher in this research was as research instrument. It means reseacher as data collection tool. The result of the analysis showed that pedagogic competency in PPL participants are in good category. It is showed in score interpretation 76,56%. Role and function of tutor teacher and field mentor lecturer (DPL) are able to give instruction to improve the quality of pedagogic competency in college student.

Keywords: teacher competency; pedagogic; PPL


Keywords


teacher competency, pedagogic, PPL

Full Text:

Download disini

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmad Rizali, dkk., Dari Guru Konvensional Menuju Guru Profesional,

Jakarta: Kompas Gramedia, 2009.

Buku Panduan PPL XIX Fakultas Agama Islam, Universitas Wahid

Hasyim tahun 2018.

Dalyono, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2005.

E. Mulyasa, Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosda

Karya, 2005.

__________, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung:

Remaja Rosdakarya, 2007.

Hamalik, Oemar, Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan

Kompetensi, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Kemdikbud, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Pedoman Implementasi

Kurikulum 2013, Jakarta, 2013.

Nurhasnawati, Pengembangan dan Pengemasan RPP, Pekanbaru: Zanafa

Publishing, 2011.

Putri Balqis, dkk., Kompetensi Pedagogik Guru dalam Meningkatkan

Motivasi Belajar Siswa pada SMPN 3 Ingin Jaya Kabu Upaten

Aceh Besar, Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Syiah

Kuala, Volume 2, No. 1, Agustus 2014

Sagala, Syaiful, Kemampuan Profesional Guru Dan Tenaga

Kependidikan, Bandung: Alfabeta, 2009

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta:

Rineka Cipta, 2010

Sudijono, Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo

Persada. Edisi 7, 2007.

Ali Imron, Linda IP Kompetensi Pedagogik Peserta PPL....

MAGISTRA -Volume 9 No. 1 Juni 2018

Tim penyusun, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka,

Trianto,dkk., Tinjauan Yuridis Hak serta Kewajiban Pendidik Menurut

UU Guru dan Dosen, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2006.

Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2003 tentang

Ketenagakerjaan

Wawancara, Arini, Peserta PPL PGMI Unwahas 2018 di MI Nasrul

Fajar, 20 Februari 2018.

Wawancara, Fitria Martanti, Dosen Pembimbing Lapangan PPL XIX

Unwahas di MI Nasrul Fajar, 20 Februari 2018.

Wawancara, Ersila Devi Rinjani, Dosen Pembimbing Lapangan PPL

XIX Unwahas di MI Miftahul Ahlakiyah, 23 Februari 2018.

Wawancara, Komariyah, Nurul, Kepala Madrasah MI Darul Ulum

Semarang, 20 Februari 2018.

Wawancara, Nurul Faoziah, Peserta PPL XIX di MI Darul Ulum, 19

Februari 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.31942/mgs.v9i1.2213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

INDEXED BY :

Google Scholar Google Scholar Google Scholar Google Scholar   Google Scholar Google Scholar Google Scholar  Google Scholar

Editorial Address:

PKPI2 FAI Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone: +6285728960886
Email: pkpi2@unwahas.ac.id

 

 
 
Visitor Jurnal Magistra