INTEGRASI PENDIDIKAN SIAGA BENCANA DALAM KURIKULUM MADRASAH IBTIDAIYAH

MOHAMMAD SOFYAN AL-NASHR

Abstract


Abstrak Tingkat kerentanan bencana di Indonesia sangat tinggi, hal ini tidak hanya karena faktor geografis di mana Indonesia berada di daerah rawan bencana, namun juga karena kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang masih rendah dalam menghadapi ancaman bencana. Pengetahuan, sikap, dan perilaku manusia Indonesia bahkan semakin membuat ancaman bencana bertambah besar, misalnya bencana asap karena kebakaran hutan dan lahan yang banyak disebabkan ulah manusia yang sengaja membakar hutan untuk membuka lahan. Agar ancaman bencana tidak semakin besar, maka perlu menanamkan dan menumbuhkan karakter sadar, siaga, dan tanggap bencana kepada masyarakat. Salah satu caranya ialah melalui jalur pendidikan, yaitu mengintegrasikan pendidikan siaga bencana dalam pembelajaran. Langkah ini akan berdampak besar apabila dilakukan sejak dini, yakni di usia sekolah dasar (rentang 7-12 tahun). Madrasah sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam bisa menjadi tempat yang tepat dalam menghasilkan generasi bangsa yang tanggap bencana. Karena hal ini sejalan dengan ajaran Islam di mana manusia merupakan khalifah di bumi yang bertanggung jawab terhadap kelangsungan hidup manusia dan alam. Kata Kunci: pendidikan, siaga, bencana
Abstract
The level of vulnerability to disaster in Indonesia is very high, this is not just because factor geographically where Indonesia is prone to disasters, but also because of the quality of human resources (HR) Indonesia which is still low in the face of the threat of disaster. Knowledge, attitudes, and behaviors of human beings even more Indonesia makes the threat of disasters increases, for example smoke disaster due to forest fires and land that much of human behavior is caused intentionally burning forests to open land. So that the threat of disaster is not getting bigger, thus the need to inculcate and foster a character aware, alert, and disaster response to the community. One way is through the education, that is, integrate disaster preparedness education in learning. This step will have a major impact when done early, i.e. in primary school age (range 7-12 years old). Madrasah as one of Islamic educational institutions can be a great place in producing a generation of the nation's disaster response. Because this is in line with the teachings of Islam in which
83
M. Sofyan al-Nashr Integrasi Pendidikan Siaga Bencana….
MAGISTRA - Volume 6 Nomor 2 Oktober 2015
man was the Caliph on earth that are responsible for the survival of human beings and nature.
Keywords:education, standby, disaster


Full Text:

Download disini

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdullah, Irwan, Proceeding International Seminar Disaster, Theory,

Research and Policy, the Graduate School of Gadjah Mada

University, october 20-22, 2009, Yogyakarta: Kompas Gramedia,

Alexon, Pengembangan Model Pembelajaran Terpadu Berbasis Budaya

untuk Meningkatkan Apresiasi Siswa Terhadap

M. Sofyan al-Nashr Integrasi Pendidikan Siaga Bencana….

MAGISTRA - Volume 6 Nomor 2 Oktober 2015

Fadjar, A. Malik, Madrasah dan Tantangan Modernitas, Cet. 2, Bandung:

Mizan, 1999

Hamalik, Oemar, Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya, 2007

Hidayati, Deny, dkk, Kajian Kesiapsiagaan Masyarakat dalam

Mengantisipasi Bencana Gempa dan Tsunami, Jakarta: LIPIUNESCO/ISDR, 2006

Konsorsium Pendidikan Bencana di Indonesia, Kerangka Kerja Sekolah

Siaga Bencana, 2011

Muhaimin, Wacana Pengembangan Pendidikan Islam, cet. II, Surabaya:

Pustaka Pelajar, 2004

Nurjannah, dkk, Manajemen Bencana, Bandung: Alfabeta, 2011

Pusat Kurikulum Depdiknas, Kajian Kebijakan Kurikulum Mata

Pelajaran Matematika, Jakarta: Depdiknas, 2007

Sukayati, Pembelajaan tematik di SD merupakan terapan dari

pembelajaran terpadu, Yogyakarta; PPPG, Agustus 2004

Sutrisno, Pendidikan Islam Yang Menghidupkan, Cet II, Yogyakarta: Kota

Kembang, 2008

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 tahun 2007 tentang

Penanggulangan Bencana

__________________________ Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem

Pendidikan Nasional

UNISDR, Termoinologi Pengurangan Risiko bencana Indonesia, Bangkok:

ADRRN, 2009

http://p2mb.geografi.upi.edu/Sekolah_Siaga.html diambil pada tanggal

April 2015

http://www.bnpb.go.id diunduh pada tanggal 23 April 2015

M. Sofyan al-Nashr Integrasi Pendidikan Siaga Bencana….

MAGISTRA - Volume 6 Nomor 2 Oktober 2015

Yusuf, Syamsul, Psikologi perkembangan Anak & Remaja, Bandung: PT

Remaja Rosdakarya, 2009




DOI: http://dx.doi.org/10.31942/mgs.v6i2.1779

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 MAGISTRA

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

INDEXED BY :

Google Scholar Google Scholar Google Scholar Google Scholar   Google Scholar Google Scholar Google Scholar  Google Scholar

Editorial Address:

PKPI2 FAI Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone: +6285728960886
Email: pkpi2@unwahas.ac.id

 

 
 
Visitor Jurnal Magistra