Perubahan Diameter Kumparan Terhadap Suhu yang Dihasilkan pada Pemanas Induksi

Eko Julianto, Tangke Margonda Tanduk, Gunarto Gunarto, Eko Sarwono, Fuazen Fuazen

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perubahan diameter kumparan terhadap alat pemanas induksi, termasuk pengaruhnya terhadap suhu yang dihasilkan dengan batasan waktu, serta pengaruhnya terhadap tegangan dan arus pada alat pemanas induksi,  penelitian menunjukkan bahwa proses pemanasan logam padat menggunakan pemanas induksi dilakukan dengan mengubah ukuran diameter kawat tembaga dari 5 cm, 6 cm, dan 9,6 cm. Masing-masing ukuran diameter kawat tembaga menghasilkan tegangan (AC, DC), arus, daya, dan temperatur yang berbeda. Perubahan diameter kumparan mempengaruhi panas yang dihasilkan dari pemanas induksi. Secara rata-rata temperatur yang dihasilkan kawat tembaga cenderung meningkat seiring durasi pemanasan menggunakan pemanas induksi. Selain itu, semakin kecil ukuran diameter kawat tembaga maka akan semakin tinggi temperatur suhunya ketika dipanaskan menggunakan pemanas induksi. Temperatur panas terbaik yang dihasilkan dari diameter spiral 5 cm adalah sebesar 148,9°C dengan waktu pemanasan 60 detik. Temperatur panas terbaik yang dihasilkan dari diameter spiral 6 cm adalah sebesar 137,3°C dengan waktu pemanasan 60 detik. Ketiga ukuran diameter tembaga menghasilkan arus (A) yang cenderung fluktuatif (naik-turun). Secara rata-rata arus tegangan (A) yang dihasilkan tembaga spiral cenderung menurun seiring durasi pemanasan menggunakan pemanas induksi.

Keywords


Pemanas Induksi, Perubahan Diameter Kumparan, Suhu, Uji Eksperimen.

Full Text:

PDF

References


Afrianto, B. I. (2019). Rancang Bangun Alat Pemanas Induksi untuk Pengerasan Permukaan Baja. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November.

Ambar, R. W. (2000). Desain dan Analisa Pemanas Induksi. Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata.

Astari, D. (2018). Pengaruh Variasi Kapasitor terhadap Kenaikan Temperature pada Pemanas Induksi. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Budiarto, A. W. (2019). Rancang Bangun Pemanas Induksi dengan Metode Multiturn Helical Coil. Journal of Applied Electrical Engineering, 3(1), 1-4.

Gunawan, H. (1993). Mesin dan Rangkaian Listrik. Jakarta: Erlangga.

Jungers, M. B., & Robert, F. K. (2006). Induction Heating: Everything You Wanted to Know But Were Afraid to Ask. Heat Treating Progress, 6(2), 21-26.

Kingman, R., & Rowland, S. (2002). An Experimental Observation of Faraday's Law of Induction. Ammerican Association of Physics Teachers, 595-598.

Kurniati, S. (2021). Sistem Pemanas Induksi dengan Menggunakan Solenoid Coil dan Mikrokontroler. Jurnal Media Elektro, 10(1), 44-52.

Loveless, D., & Robert, W. B. (2003). Induction Heating Handbook. Boca Raton: CRC Press.

Mulyoto. (2018). Pengaruh Diameter Kumparan Kerja terhadap Perubahan Suhu pada Mesin Pemanas Induksi. Kudus: Universitas Muria Kudus.

Mustoffa, N. (2013). Perancangan dan Pembuatan Sistem Pemanas Induksi untuk Bearing Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno. Bandung: Politeknik Manufaktur Negeri.

Raharjo, W. P., & Kusharjanta, B. (2013). Optimalisasi Variasi Tegangan dan Waktu terhadap Ketebalan dan Adhesivitas Lapisan pada Plat Baja Karbon Rendah dengan Proses Electroplating Menggunakan Pelapis Seng. Jurnal Mekanika, 11(2).

Susilo, S. (2021). Pengaruh Variasi Diameter dan Jumlah Lilitan Tembaga terhadap Tegangan Listrik yang Dihasilkan pada Alat Peredam Kejut Regeneratif Skala Laboratorium. Jurnal Proteksion, 5(2).

Tipler, P. A. (2001). Fisika untuk Sains dan Teknik. Jakarta: Erlangga.

Wood, D., & Sebranek, J. (2013). Electromagnetic Induction with Neodymium Magnets. Phys. Teach, 51.

Zhulkarnaen, Y. (2014). Perancangan dan Pembuatan Pemanas Induksi dengan Metode Pancake Coil Berbasis Mikrokontroler ATMega 8535. Malang: Universitas Brawijaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.36499/jim.v20i1.9974

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address : :

Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone: +6285713753171
 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.