Studi Kasus Perbaikan Daun Baling-Baling Kapal Tug Boat Akibat Patah dan Fouling

Santhi Wilastari, Budi Santoso

Abstract


Kerusakan pada daun propeller  sangat berpengaruh terhadap performa dari kapal. Daya yang dipindahkan dari mesin tidak dapat dipakai secara maksimal. Selama berlayar di wilayah laut atau sungai, baling-baling kapal sering berbenturan dengan benda asing yang mengambang sehingga menyebabkan kerusakan pada baling-baling. Kerusakan ini bisa berupa  melengkung, retak atau rusak pada daun baling-baling. Paper ini membahas tentang studi kasus perbaikan propeller  kapal akibat patah dan fouling. Proses perbaikan baling-baling diantaranya adalah dengan pemotongan bagian yang patah untuk kemudian disambung dengan pelat baru dengan cara pengelasan. Perbaikan karena fouling  atau penempelan kerang laut dilakukan dengan cara dihilangkan secara kimiawi dan secara mekanis lewat gerinda. Setelah perbaikan proses selanjutnya adalah balancing. Hasil balancing menunjukkan bahwa daun baling-baling sudah memenuhi standar untuk digunakan berlayar.


Keywords


balancing; baling-baling; docking; tug boat

Full Text:

PDF

References


Firstdhitama, W. (2018). Perencanaan Reparasi Kapal Ferry untuk Efisiensi Waktu Docking dengan Metode Flash. repository.its.ac.id. https://repository.its.ac.id/51799/

Hamid, A., Nugroho, S., Haryadi, G. D., & Nugroho, A. (2019). Failure analysis of sea water cooling pump’s shaft (SWCP) on board anchor handling tug supply (AHTS). AIP Conference Proceedings, 2202(1), 20049. https://doi.org/10.1063/1.5141662

Laksmana, V. I. (2019). Analisa Pengaruh Variasi Temperatur Pelarut dan Waktu Aging Pada Proses Perlakuan Panas T6 Komposit Aluminium 2075, Abu Dasar Batu Bara Sebagai Bahan …. repository.untag-sby.ac.id. http://repository.untag-sby.ac.id/12803/

Laksono, E. S. (2017). Proses Perbaikan dan Perawatan Propeller Pada Kapal Tunda Selat Siberut di Dry Dock Galangan Pt Rukindo Jakarta. repository.upnvj.ac.id. https://repository.upnvj.ac.id/3514/

Munawir, A., Rubiono, G., & ... (2017). Studi Prototipe Pengaruh Sudut Kemiringan Poros Baling-Baling Terhadap Daya Dorong Kapal Laut. V-MAC (Virtual of …. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/vmac/article/view/113

Setiawan, Y. (2004). Menentukan Ukuran Utama Yang Optimal Untuk Propeller B-Series Menggunakan Open Water Diagram. repository.its.ac.id. https://repository.its.ac.id/63524/

Smith Tutu. (2019, April). Belajar Mengenal Kapal. https://smithship.blogspot.com/




DOI: http://dx.doi.org/10.36499/jim.v18i1.6436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address : :

Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone: +6285713753171
 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.