Pemetaan Kontur Kebisingan pada Bengkel Praktik (Workshop) Politeknik Maritim Negeri Indonesia

Heri Kiswanto, Wahyu Ari Putranto, Noviarianto Noviarianto, Susanto Susanto, Suyono Suyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memetakan tingkat kebisingan di bengkel workshop Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Polimarin) dan mengidentifikasi area-area yang memerlukan upaya pengendalian kebisingan. Pengukuran kebisingan dilakukan pada beberapa titik di dalam bengkel praktik menggunakan alat pengukur kebisingan (sound level meter). Data tersebut kemudian diolah dengan perangkat lunak Surfer untuk membuat peta kontur tingkat kebisingan di dalam area bengkel. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tingkat kebisingan tertinggi secara signifikan terpusat di sekitar mesin gerinda pemotong logam, yang merupakan sumber utama kebisingan di lingkungan tersebut. Adapun hasil pengukuran menunjukkan bahwa tingkat kebisingan yang diperoleh sebesar 92.53 dB untuk pengukuran pukul 09.00 WIB; 92.07 dB pada pengukuran jam 11.00 WIB; dan sebesar 92.01 dB untuk pengukuran pada jam 14.00. Dengan memahami pola kebisingan ini, rekomendasi dan langkah-langkah mitigasi diajukan, termasuk penggantian peralatan, perbaikan isolasi suara, perubahan dalam penjadwalan pekerjaan, serta edukasi dan pelatihan. Penelitian ini memberikan dasar yang kuat untuk mengelola dan memahami kebisingan di bengkel praktik, dengan harapan menjadikannya lingkungan yang lebih aman dan nyaman bagi semua yang berinteraksi di dalamnya.


Keywords


bengkel wokshop, kebisingan, pemetaan kontur, polimarin

Full Text:

PDF

References


Kiswanto H. Fisika Lingkungan: Memahami Alam dengan Fisika. Syiah Kuala University Press; 2022.

Ramadoni A, Jumingin J, Sihombing SC. Pemetaan Kebisingan Menggunakan Software Golden Surfer 11 di Kawasan Universitas PGRI Palembang. Sainmatika: Jurnal Ilmiah Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. 2021 Dec 27;18(2):146.

Rimantho D, Cahyadi B. Analisis Kebisingan Terhadap Karyawan di Lingkungan Kerja pada Beberapa Jenis Perusahaan. J Teknol. 2015;7(1).

Zulfadli AA, Nizar M, Yunita I. Pemetaan Tingkat Kebisingan pada Lingkungan. Maret. 2022;2(1):1–8.

Aliyah QR, Cahyadi B. Pemetaan Tingkat Kebisingan pada Bengkel Pipa dan Mess Karyawan I dengan Metode Peta Kontur. In: Seminar Nasional Sains dan Teknologi 2022. 2022. p. 1–6.

Kusumalestari AS, Soekirno S, Sudibyo H, Suryanegara M. Penggunaan Perangkat Lunak dari Open Source dan Metode Komputasi untuk Prediksi Kebisingan yang Ditimbulkan oleh Airframe Pesawat Terbang. Wahana Fisika. 2020;5(2):71–82.

Nofirza, Sepriantoni. Analisa Intensitas Kebisingan dengan Pendekatan Pola Sebaran Pemetaan Kebisingan di Pt. Ricry Pekanbaru. In: Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri (SNTIKI) 7. 2015. p. 490–8.

Silviana NA, Siregar N, Banjarnahor M. Pengukuran dan Pemetaan Tingkat Kebisingan pada Area Produksi. JOURNAL OF INDUSTRIAL AND MANUFACTURE ENGINEERING. 2021 Nov 30;5(2).

Ahmad F, Dwi Handayani I, Margiantono A. Analisis Tingkat Kebisingan di Universitas Semarang dengan Peta Kontur Menggunakan Software Golden 14. Elektrika. 2018 Oct 5;10(2):22.

Ramli MI, Hustim M, Ariani U. Analisis Tingkat Kebisingan pada Kawasan Perbelanjaan (Mall) di Kota Makassar dan Dampaknya Terhadap Lingkungan. 2015.

Potoboda NI, Kalangi J, Saroinsong FB. Analisis Kebisingan Beberapa Ruang terbuka Hijau di Kota Manado. 2021.

Amalia Chusna N, Setiyo Huboyo H, Andarani P. Analisis Kebisingan Peralatan Pabrik terhadap Daya Pendengaran Pekerja di PT. Pura Barutama Unit PM 569 Kudus. Jurnal Teknik Lingkungan. 2017;6(1).

Lourrinx E, Navis Mirza M, Eka Praditya R, Terapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja S, Rukun Abdi Luhur P. INSOLOGI: Jurnal Sains dan Teknologi Analisis Intensitas Kebisingan pada Area Fabrikasi PT XYZ Bintan. Media Cetak [Internet]. 2023;2(2):409–18. Available from: https://journal.literasisains.id/index.php/INSOLOGI

Anggraini FJ, Handika RA, Arman R. Pemetaan Kebisingan di Area Gas PT. X Jambi Dalam Rangka Perlindungan Terhadap Pekerja. Jurnal Engineering. 2019;1(2).

Hamzah H, Nurkhalis Agriawan M, Kadir MR. Analisis Tingkat Kebisingan Menggunakan Sound Level Meter Berbasis Mikrokontroler. Jurnal Fisika Papua [Internet]. 2022;1(2):46–51. Available from: http://ejurnal.fmipa.uncen.ac.id/index.php/visika




DOI: http://dx.doi.org/10.36499/jim.v20i1.10502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address : :

Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone: +6285713753171
 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.