GAMBAR ANIMASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Media gambar animasi yang berupa film atau video merupakan media yang digunakan untuk mengkomunikasikan pesan pada siswa pada pembelajaran IPS meliputi bentuk-bentuk atau unsur-unsur verbal (teks atau kata-kata), sound/suara, juga unsur-unsur grafik (gambar dan yang sejenis gambar)sepertidrawing/lukisan, chart ,gambar/foto warna dan sejenisnya, poster dan kartun, dimana sumber-sumber media tersebut bisa berasal dari textbook, bahan-bahan referensi, koran, jurnal, baik yang dibuat sendiri oleh guru, ahli media maupun siswa. Media gambar animasi termasuk media yang masih jarang dipakai dalam pembelajaran IPS. Hal ini dikarena-kan guru belum terbiasa menggunakan dan mengilustrasikan materi dengan gambar, padahal jika gambar animasi dibuat dan disajikan sesuai dengan per-syaratan yang baik, tentu akan menambah semangat dan motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Media gambar animasi, dapat memberi gagasan dan dorongan kepada guru dalam mengajar anak-anak Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah agar lebih kreatif dalam mengembangkan alat peraga agar para murid menjadi senang belajar.
Kata Kunci: gambar animasi, media pembelajaran
Full Text:
Download disiniReferences
DAFTAR PUSTAKA
Atwi Suparman, Desain instruksional, Jakarta: PAC-PPAI Depdiknas, 2001.
Azhar Arsyad, Media pengajaran, Jakarta: Raja Grasindo Persada, 2004.
Basyiruddin Usman & Asnawir, Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.
Depdiknas, Model Pembelajaran Terpadu IPS, Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Nasional, Pusat Kurikulum, t.th.
Domjan, M., The Essentials of Conditioning and Learning, Mexico: Thomson Wadsworth,
Ely, D.P. & Gerlach, V.G., Teaching & Media: A Systematic to Approach, New Jersey: Prentice
Hall, 1980.
Frye, H. R., Techniques for Producing Visual Instructional Media, 2nd
Gambar Animasi sebagai Media Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Zulaikhah
Volume 4 Nomor 1 — Volume 4 Nomor 1 — Maret 2013 133
http://www.kurtek.ac.id. diakses 30 Januari 2009 tentang prinsip multimedia
Jarolimek, J., Social Studies in Elementary Education, New York: Mac Millan Publishing
Company, 1986.
Kemp, J.E., & Dayton, D. K., Planning and Producing Instructional Media, New York: Harper
& Row Publisher Combridge, 1985.
Merril P. F., Computer in Education. 3rd Ed. Boston: Allin & Bacon, A Simon & Schuster
Company Needham Heights, Mass, 1996.
Newby, T.J. et.al., Instructional Technology for Teaching and Learning: Designing
Instruction, Integrating Computers, and Using Media, New Jersey: Prentice Hall, 2000.
Oemar Hamalik, Media pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti, 1994.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 16, Standar kualifikasi akademik dan
kompetensi guru. Jakarta: BSNP Depdiknas, 2007.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 23, Standar Kompetensi Lulusan, Jakarta:
BSNP Depdiknas, 2006.
Ratna W. Dahar, Teori-teori belajar. Jakarta: Depdikbud, 1988.
Santrock. J. W., Educational Psychology 3rd ed., New York: Mc Graw Hill International
Edition, 2008.
Santrock, J.W. Life-span Development, Juda Damanik, Achmad Chusairi (terj.). Herman
Sinaga, Yati Sumiharti (eds), Jakarta: Erlangga, 2002.
Syaiful Bahri Djamarah & Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta,
Tan Seng Chee, Teaching and Learning with Technology: an Asia Pasific Perspective. Singapore: Prentice Hall, 2003
DOI: http://dx.doi.org/10.31942/mgs.v4i1.951
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2013 MAGISTRA
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/
INDEXED BY :
Editorial Address:
PKPI2 FAI Universitas Wahid Hasyim