PENGEMBANGAN MEDIA TAJWID INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI ANDROID PADA MATA PELAJARAN BTQ DI SEKOLAH DASAR

Tri Widiastuti, Ma'as Shobirin, Ummu Jauharin Farda

Abstract


The purpose of this study was to determine the extent to which the need for android-based learning media in BTQ subjects, particularly fourth grade Tajwid material, exists at SDIT Bunayya Semarang, as well as the validity of the android-based learning media known as Interactive Tajwid. This study employs the R&D development method, as well as quantitative and qualitative approaches. This research development model is based on the work of Borg and Gall in Sugiyono.  In this study, data was gathered through interviews, questionnaires on learning media development needs, and validation sheets for material experts and media experts. The Smart App Creator is used to create this android-based learning media. This application was chosen for its ease of use and ability to combine with other media support applications. The findings of this study indicate that: (1) there is a critical need for the development of android application-based recitation media, and (2) interactive Tajweed applications fall into the very valid category. This is demonstrated by the fact that the results of the analysis of the needs of students and teachers on the development of learning media based on an android recitation application are 100 percent. Material experts' validation results received a score of 98 percent with an average of 4.9. Based on this assessment, the Interactive Tajweed application is classified as Very Valid, and the validation results from media experts obtained a score of 95.6 percent with an average of 4.78, indicating that the Interactive Tajweed application is classified as Very Valid.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana kebutuhan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran BTQ khususnya materi Tajwid kelas IV SDIT Bunayya Semarang serta untuk mengetahui validitas dari media pembelajaran berbasis android yang diberi nama Tajwid Interaktif. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan R&D (Research & development) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Model pengembangan penelitian ini menggunakan pengembangan Borg and Gall dalam Sugiyono. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, angket kebutuhan pengembangan media pembelajaran serta lembar validasi ahli materi dan ahli media. Pengembangan media pembelajaran berbasis android ini menggunakan Smart App Creator. Pemilihan aplikasi ini didasarkan atas penggunaannya yang mudah dan bisa menggabungkan aplikasi pendukung media yang lain. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kebutuhan akan pengembanagn media tajwid berbasis aplikasi android sangat dibutuhkan, (2) Aplikasi Tajwid Interaktif termasuk dalam kategori sangat valid. Hal ini ditunjukkan pada hasil analisis kebutuhan siswa dan guru terhadap pengembangan media pembelajaran tajwid berbasis aplikasi android adalah 100%. Hasil validasi dari ahli materi memperoleh nilai skor 98% dengan rata-rata 4,9. Berdasarkan dari penilaian tersebut maka aplikasi Tajwid Interaktif termasuk dalam kategori Sangat Valid sedangkan hasil validasi dari ahli media memperoleh skor 95,6% dengan rata-rata 4,78 maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi Tajwid Interaktif termasuk dalam kategori Sangat Valid.


Keywords


Pengembangan Media Pembelajaran, Aplikasi Android, Tajwid Interaktif, BTQ

Full Text:

PDF

References


Amalia, Rizqy, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Autoplay Dalam Pembelajaran Ilmu Tajwid Bagi Santri TPQ Ath- Thohiriyah II Awang-Awang Mojosari Mojokerto. Malang, (Skripsi) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2018.

Arikunto, Suharsini, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Aziz, Abdul, Pedoman Dauroh Al Qur’an. Panduan Ilmu Tajwid Aplikatif, Jakarta Timur : Markaz Al Qur’an, 2017.

Aziz, Muhammad Khoirun, Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI. Tesis Magister Pendidikan Islam, Yogyakarta : Perpustakaan PPs UIN SUAN Kalijaga, 2015.

Azizah, Nova Aulia, Pengembangan Aplikasi “Smart Tajwid” Berbasis Android Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Tajwid Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N I Polanharjo Klaten. Jurnal EDULAB. Jurnal Ilmiah Laboratorium Pendidikan. Vol 4 No 1, 2019.

Iyus Ust, dkk, Al Qur’an Cordoba Terjemahan dan Tajwid Berwarna, Bandung : Cordoba Internasional Indonesia, 2018.

Santo, Noor Laili, Pengembangan CD Gampang Asik Dan Menyenangkan Untuk Pembelajaran Bahasa Arab Materi A’doul Usroti Kelas 3 Full Day School di MI Huda Melonggo Jepara , (Skripsi) Universitas Wahid Hasyim, 2020

Sugiyono, Metode Peneletian kualitatif kuantitatif &RND, Bandung: Alfabeta, 2009.

Suryani, Achmad, Aditin Putria, Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2019.

Susilowati, Dewi, Wawancara, Guru BTQ SDIT Bunayya Semarang, tanggal 15 Oktober 2021, Jam 10.00-12.00 WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.31942/mgs.v13i1.6566

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

INDEXED BY :

Google Scholar Google Scholar Google Scholar Google Scholar   Google Scholar Google Scholar Google Scholar  Google Scholar

Editorial Address:

PKPI2 FAI Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone: +6285728960886
Email: pkpi2@unwahas.ac.id

 

 
 
Visitor Jurnal Magistra