TANTANGAN DAN PELUANG BAHAN AJAR ETNOMATEMATIKA PADA SEKOLAH RAMAH ANAK: ANALISIS BIBLIOMETRIX
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan bahan ajar matematika dalam konteks sekolah ramah anak pada tahun 2019-2024. Etnomatematika sebagai pendekatan yang mengaitkan konsep matematika dengan budaya lokal, memiliki potensi besar dalam mendukung pembelajaran yang inklusif, kontekstual, dan bermakna terutama di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode sistematik literatur review dengan menggunakan pendekatan biometrik yang dianalisis menggunakan OpenRefine, VosViewer, Biblioshiny dan Microsoft excel. Data diambil dari artikel ilmiah yang dipublikasikan di basis data scopus dengan fokus pada bahan ajar matematika dan konsep sekolah ramah anak. Proses analisis mencakup identifikasi tren penelitian kolaborasi antar peneliti distribusi geografis serta visualisasi hubungan antar kata kunci utama dalam literatur yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa topik etnomatematika semakin mendapat perhatian di kalangan akademisi, namun penerapan di lapangan masih terkendala kurangnya pemahaman guru dan keterbatasan bahan ajar, pelatihan guru yang memadai juga menjadi hambatan dalam implementasi matematika di sekolah. Kendati demikian hasil analisis menunjukkan adanya peluang besar untuk penelitian lebih lanjut terutama dengan meningkatkan jumlah publikasi dalam beberapa tahun terakhir. Ini merekomendasikan kolaborasi yang erat antara pendidik, pengembang kurikulum, peneliti dan komunitas lokal untuk memperkuat implementasi etno matematika dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan ramah anak guna meningkatkan kualitas pendidikan dasar di Indonesia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriani, D., Widada, W., Herawaty, D., Ardy, H., Nugroho, K. U. Z., Ma’rifah, N., & Anggoro, A. F. D. (2020). Understanding the number concepts through learning Connected Mathematics (CM): A local cultural approach. Universal Journal of Educational Research, 8(3), 1055–1061.
Anggraini, M., & Putri, W. A. (2023). Analisis Kebijakan Pemerintah Dalam Mendorong Praktik Moderasi Beragama Di Masyarakat Indonesia. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(3), 1430–1438.
Banko-Bal, C., & Guler-Yildiz, T. (2021). An investigation of early childhood education teachers’ attitudes, behaviors, and views regarding the rights of the child. International Journal of Child Care and Education Policy, 15(1), 5-19.
Choppin, J., Roth McDuffie, A., Drake, C., & Davis, J. (2022). The role of instructional materials in the relationship between the official curriculum and the enacted curriculum. Mathematical Thinking and Learning, 24(2), 123–148.
Donthu, N., Kumar, S., Mukherjee, D., Pandey, N., & Lim, W. M. (2021). How to conduct a bibliometric analysis: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 133, 285–296.
Farih, N. M., & A’yun, D. (2024). Implikasi Aliran Esensialisme dalam Budaya Pendidikan Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 2(1), 12–26.
Hofer, S. I., Nistor, N., & Scheibenzuber, C. (2021). Online teaching and learning in higher education: Lessons learned in crisis situations. Computers in Human Behavior, 121, 106789.
Kilpatrick, J. (2020). History of research in mathematics education. Encyclopedia of Mathematics Education, 349–354.
Miseliunaite, B., Kliziene, I., & Cibulskas, G. (2022). Can holistic education solve the world’s problems: A systematic literature review. Sustainability, 14(15), 9737.
Novitasari, M., Sumardjoko, B., Suharini, E., & Arbarini, M. (2021). Creativity and Innovation Skills in Child-Friendly Mathematics Learning in Elementary School. International Conference on Science, Education, and Technology, 7, 349–358.
Óskarsdóttir, E., Donnelly, V., Turner-Cmuchal, M., & Florian, L. (2020). Inclusive school leaders--their role in raising the achievement of all learners. Journal of Educational Administration, 58(5), 521–537.
Payadnya, I. P. A. A. (2024). Student Responses to Culture-Based Mathematics Learning in the Indonesian and Thailand Education Curricula. Mathematics Education Journal, 18(1), 113–128. https://doi.org/10.22342/jpm.v18i1.pp113-128
Prahmana, R. C. I. (2021). Ethnomathematics: Pranatamangsa system and the birth-death ceremonial in yogyakarta. Journal on Mathematics Education, 12(1), 93–112. https://doi.org/10.22342/JME.12.1.11745.93-112
Rees, E., & Tissot, C. (2023). Can child-friendly tools support young, autistic children to better communicate about their well-being to help inform school provision? Early Child Development and Care, 193(13–14), 1367–1384.
Rezat, S., Fan, L., & Pepin, B. (2021). Mathematics textbooks and curriculum resources as instruments for change. ZDM--Mathematics Education, 53(6), 1189–1206.
Setiyadi, D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Bernuansa Etnomatematika dengan Permainan Tradisional Banyumas pada Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah, 9(1), 30–38. https://doi.org/10.31629/kiprah.v9i1.3213
Setiyadi, D. (2023). Efektivitas Problem Solving Pada Model Pbl Bernuansa Etnomatematika Dengan Satuan Ngapak. EL-Muhbib Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 7(2), 213–225.
Setiyadi, D., Munjaji, I., & Naimah, N. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Bernuansa Etnomatematika Pada Tingkat Sekolah Dasar Dengan Satuan Hitung Tidak Baku Khas Banyumas. JURNAL EDUSCIENCE, 9(1), 227–234.
Stein, H., Gurevich, I., & Gorev, D. (2020). Integration of technology by novice mathematics teachers--what facilitates such integration and what makes it difficult? Education and Information Technologies, 25(1), 141–161.
Sukirwan, S., Nindiasari, H., Warsito, W., & Saleh, H. (2023). Dialektika Budaya Dan Matematika: Studi Pada Penelitian Etnomatematika Di Indonesia. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 5(2), 177–190.
Zahrika, N. A., & Andaryani, E. T. (2023). Kurikulum Berbasis Budaya untuk Sekolah Dasar: Menyelaraskan Pendidikan dengan Identitas Lokal. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 3(2), 163–169.
DOI: http://dx.doi.org/10.31942/mgs.v15i2.12305
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY :
Editorial Address:
PKPI2 FAI Universitas Wahid Hasyim