KESULITAN MENULIS AKSARA JAWA PADA SISWA KELAS 5 SD AL ISLAM PENGKOL JEPARA
Falihatin Anjani, Dwiana Asih Wiranti
Abstract
Alasan penulis mengambil permasalahan kesulitan menulis aksara Jawa karena menulis aksara Jawa tidak semudah menulis huruf alfabet oleh sebab itu penulis ingin mengetahui faktor penyebab dan bentuk kesulitan yang peserta didik alami ketika menulis aksara Jawa sebab mata pelajaran bahasa Jawa sangat penting untuk melestarikan budaya Jawa agar tidak hilang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk kesulitan menulis aksara Jawa dan faktor penyebabnya. Bentuk kesulitan menulis aksara Jawa karena sulitnya peserta didik membedakan bentuk tulisan aksara Jawa yang relatif sama dan susah menghafalkan huruf aksara Jawa. Faktor penyebabnya adalah proses pembelajaran yang dipraktikkan pendidik terbatas hanya menggunakan metode ceramah, kurangnya latihan menulis aksara Jawa serta motivasi belajar peserta didik menurun karena menganggap aksara Jawa adalah pembelajaran yang sulit dipahami. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, penelitian deskriptif kualitatif adalah penelitian yang diperoleh datanya melalui studi analisis dari setiap permasalahan agar dapat diolah menjadi data yang bernarasi dan lisan dari pelaku yang diamati. Deskriptif kualitatif diperoleh datanya dari hasil kuesioner, wawancara dan observasi