Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran digital yang diterapkan oleh Amore Fashion, satu bisnis online yang bergerak di bidang usaha pakaian. Fokus utama riset ini adalah mengenai penerapan strategi marketing syariah pada proses pemasaran produk-produk Amore Fashion. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi aktivitas digital marketing Amore Fashion, khususnya pada platform Instagram dan WhatsApp. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditinjau dari perspektif strategi pemasaran syariah, Amore Fashion telah sesuai dalam menerapkan teori dan konsep strategi pemasaran syariah dan sudah mempraktikkan konten syariah yang terdiri atas tiga hal pokok pertama, penerapan karakteristik pemasaran syariah; kedua, penerapan etika bisnis syariah; ketiga, mencontoh praktik pemasaran syariah sebagaimana yang dilakukan Nabi Muhammad SAW. Berdasarkan sifat Nabi Muhammad SAW yaitu: Shiddiq, Amanah, Fathanah, dan Tabligh. Adapun kendala – kendala yang dihadapi ketika menjalankan marketing syariah di Amore Fashion: Fluktuasi keimanan, perencanaan strategi pemasaran yang tidak matang, target pasar yang terlalu lebar, target pasar yang tidak tepat, tidak mengoptimalkan bauran pemasaran, predator pricing, manejemen yang tidak terorganisir, kurang tersedianya informasi pasar, perubahan sosial budaya.

Article Details