UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE CARD SORT PADA MATERI AL- QUR’AN HADITS KELAS VII DI SMP IT BINA INSANI SEMARANG

Maas Shobirin, Nurul Azizah, Ahmad Lutfi Fauzi

Abstract


Peneliti mengerti bahwa dalam penelitian ini masih banyak salah dalam
penyusunannya karena dalam penelitian ini peneliti merasa bahwa pembelajaran
yang disampaikan pada SMP IT Bina Insani Semarang masih monoton dan
perlunya evaluasi sebagai bahan pertimbangan dalam menyikapi peserta didik
dalam hal hasil belajar siswa yang diitandai dengan adanya nilai dibawah KKM
,harapan dari peneliti dengan adanya perubahan cara mengajar dengan metode
Card Sort mampu menaikkan hasil perolehan nilai pada siswa.
Masalah yang dirumuskan adalah sebagai berikut: 1) Bagaimanakah
implemantasi metode Card sort dalam pembelajaran Al-Qur‟an Hadits terhadap
siswa kelas VII di SMP IT Bina InsaniSemarang. 2) Seberapa besarkah
peningkatan hasil belajar siswa kelas VII dengan menggunakan metode Card sort
pada materi Al-Qur‟an Hadits di SMP IT Bina InsaniSemarang . adapun tujuan
dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui implementasi metode Card sort dalam
pembelajaran Al-Qur‟an Hadits di SMP IT Bina InsaniSemarang. 2) Mengetahui
peningkatkan hasil belajar setelah apakah penerapan strategi card sort dalam
meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dengan materi
Al-Qur‟an Hadits di SMP IT Bina InsaniSemarang.
Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) oleh
Kemmis dan Mc. Tanggart dengan model siklus, dimana setiap siklus memiliki 4
komponen yaitu: 1) Perencanaan; 2) Pelaksanaan; 3) Observasi; 4) Refleksi.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan: 1) Wawancara; 2) Tes; 3) Observasi;
4) Dokumentasi.
Hasil belajar siswa dengan metode card sort pada pembelajaran mata
pelajaran PAI dengan tema AL-Qur‟an Hadits di SMP IT Bina Insanisemarang
2022-2023berjalan dengan baik terlihat pada hasil belajar peserta didik yang telah
dibuktikan dengan hasil siswa tuntas belajar pada tahap prasiklus mencapai
persentase 47.4% . kemudian pada siklus I mengalami peningkatan meski hanya
sedikit yaitu 5% dari tahapan sebelumnya menjadi 52.6% . pada prsenetase hasil

2
pembelajaran siklus II mulai ada peningkatan yag signifikan dengan presentase
36% kenaikannya atau menjadi 89.5%. dan sesuai dengan KKM 76 yang telah
ditentukan oleh sekolah.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.