Inovasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Pesantren Era Society 5.0
Abstract
Penelitian ini memotret inovasi kurikulum dalam pendidikan di pesantren era society 5.0. Dewasa ini, pondok pesantren perlu melakukan upaya perubahan dalam sistem pendidikannya khususnya dalam kurikulum. Gontor adalah salah satu pondok pesantren di Indonesia yang telah melakukan upaya inovasi kurikulum untuk menghadapi tantangan zaman pada era society 5.0 Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka atau library research dengan teknik pengumpulan data dokumentasi dengan mengkaji buku, jurnal, artikel dan penelitian terdahulu. Kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kritis (critical descriptif analysis). Pembaruan kurikulum di Gontor dilakukan dengan mengajarkan ilmu agama (revealed knowledge) dan kauniyah (acquired knowledge), dan mengintegrasikan keduanya sehingga pengajaran ilmu kauniyah tidak terlepas dari dasar dan nilai agama, dan sebaliknya pengajaran ilmu-ilmu agama dikembangkan sejalan dengan perkembangan keilmuan umum. Pembaruan juga dilakukan dengan mengintegrasikan kurikulum yang intra dan ekstra. Perhatian terhadap kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler tidak kalah dengan kegiatan-kegiatan intrakurikuler, dan demikian pula sebaliknya.
Kata kunci: pesantren, kurikulum, inovasi, society 5.0
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat kami di :
PASCASARJANA FAI Universitas Wahid Hasyim