Main Article Content
Abstract
Transformasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Ibtidaiyah menjadi keniscayaan di era digital yang ditandai dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana inovasi pembelajaran, penguatan karakter, dan penerapan moderasi beragama diintegrasikan dalam proses pembelajaran PAI di tingkat dasar. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data diperoleh melalui studi literatur, observasi, dan wawancara dengan guru PAI di beberapa madrasah. Hasil kajian menunjukkan bahwa inovasi pembelajaran berbasis digital, seperti penggunaan media interaktif, platform e-learning, dan aplikasi edukatif, mampu meningkatkan minat belajar siswa serta memperkuat pemahaman nilai-nilai keislaman. Selain itu, pendidikan karakter ditanamkan melalui keteladanan guru dan integrasi nilai-nilai moral dalam setiap materi ajar. Moderasi beragama juga diinternalisasikan melalui pendekatan inklusif, toleran, dan kontekstual yang relevan dengan kehidupan anak-anak di era modern. Transformasi ini menuntut peran aktif guru dalam meningkatkan kompetensi digital dan pedagogik untuk menciptakan pembelajaran PAI yang relevan, humanis, dan membumi.