Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengalaman pembelajaran dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama kepada siswa kelas IV di SD Negeri 2 Muara Batu. Moderasi beragama menjadi urgensi tersendiri dalam konteks masyarakat Indonesia yang majemuk. Pendekatan yang digunakan dalam tulisan ini adalah reflektif deskriptif berbasis pengalaman penulis selama proses pembelajaran PAI berlangsung. Melalui kegiatan pembiasaan seperti salam, doa bersama, kerja sama antar siswa lintas latar belakang, serta penyisipan nilai toleransi dalam cerita dan kisah-kisah Nabi, siswa mulai menunjukkan sikap yang mencerminkan semangat moderat. Hasil observasi menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang inklusif, narasi toleransi dalam materi, serta keteladanan guru sangat berpengaruh dalam pembentukan karakter moderat pada siswa. Diharapkan temuan ini dapat menjadi kontribusi nyata dalam penguatan nilai-nilai kebhinekaan melalui pendidikan dasar, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Article Details