Main Article Content

Abstract

Pendidikan karakter berbasis agama menjadi landasan penting dalam membentuk generasi yang berintegritas dan berakhlak mulia. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi integrasi nilai-nilai agama dalam pendidikan karakter serta mengukur dampaknya terhadap perilaku peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi pustaka dan observasi partisipatif di lingkungan madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai seperti kejujuran, tanggung jawab, toleransi, dan disiplin dapat ditanamkan secara efektif melalui pembelajaran tematik, keteladanan guru, serta kegiatan keagamaan rutin. Pendidikan karakter berbasis agama tidak hanya meningkatkan moralitas individu tetapi juga memperkuat ikatan sosial dan semangat kebangsaan. Oleh karena itu, integrasi ini harus menjadi bagian utama dalam perencanaan dan implementasi kurikulum pendidikan nasional.

Article Details

Author Biography

Zakaria

MIS Darul Fathonah, Cirebon, Jawa Barat, Indonesia