Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang dilaksanakan di UPTD SMP Negeri 4 Belawa terdiri dari 3 siklus dan di setiap siklus terdapat 3 pertemuan dengan menggunakan 4 tahap yaitu Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, dan Refleksi. Penelitian ini dilakukan karena masih ada siswa yang belum memenuhi Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Hal itu disebabkan karena siswa kurang aktif dalam proses pembelajara, penggunaan strategi dan metode pembelajaran yang kurang efektif dan variatif sehingga siswa kurang bersemangat dan menjadi sedikit bosan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah Kelas VII UPTD SMP Negeri 4 Belawa? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar mata pelajaran sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah setelah menggunakan metode Auditory Intellectually Repetition di Kelas VII UPTD SMP Negeri 4 Belawa?. Hasil penelitian menunjukan peningkatan hasil belajar siswa materi sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah Kelas VII UPTD SMP Negeri 4 Belawa dengan menggunakan metode pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) yaitu dengan melihat tingkat ketuntasan belajar siswa pada setiap siklusnya. Pada pra siklus sebelum menerapkan metode pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) memperoleh persentase ketuntasan sebesar 37,5% (kategori kurang) dengan rata-rata hasil belajar siswa 42,5%, kemudian pada siklus I mengalami peningkatan persentase ketuntasan menjadi 62,5% (kategori baik) dengan rata-rata hasil belajar siswa 65,61 dan pada siklus II terjadi peningkatan lagi dengan perolehan persentase ketuntasan 81,25% (kategori baik) dengan rata-rata hasil belajar siswa 78,34 dan  pada siklus III terjadi peningkatan lagi dengan perolehan persentase ketuntasan 93,75% (kategori sangat baik) dengan rata-rata hasil belajar siswa 92,93.


Kata Kunci: Hasil Belajar, Auditory Intellectually Repetition, Sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah


ABSTRACT


This research is a Classroom Action Research conducted at UPTD SMP Negeri 4 Belawa. It consisted of three cycles, and each cycle included three meetings using four stages: Planning, Action, Observation, and Reflection. This research was carried out because there were still students who had not met the Criteria for Achieving Learning Objectives (KKTP). This issue was due to students’ low engagement in the learning process and the use of less effective and varied strategies and methods, which made students less enthusiastic and somewhat bored. The research questions in this study were : 1) How does the application of the Auditory Intellectually Repetition (AIR) learning method improve learning outcomes in the subject of sujud syukur, sujud sahwi, and sujud tilawah among Grade VII students at UPTD SMP Negeri 4 Belawa? 2) How do students’ learning outcomes in the subject of sujud syukur, sujud sahwi, and sujud tilawah improve after using the Auditory Intellectually Repetition method in Grade VII at UPTD SMP Negeri 4 Belawa? The results of the study showed an improvement in students’ learning outcomes on the topic of sujud syukur, sujud sahwi, and sujud tilawah by using the Auditory Intellectually Repetition (AIR) learning method, as seen from the students' mastery level in each cycle. Before applying the AIR method (pre-cycle), the mastery percentage was 37.5% (categorized as low) with an average student score of 42.5%. In Cycle I, the mastery percentage increased to 62.5% (categorized as good) with an average score of 65.61. In Cycle II, the percentage increased again to 81.25% (categorized as good) with an average score of 78.34. In Cycle III, there was a further improvement, reaching a mastery percentage of 93.75% (categorized as very good) with an average student score of 92.93.


Keywords: Learning Outcomes, Auditory Intellectually Repetition, Sujud Syukur, Sujud Sahwi, Sujud Tilawah.

Article Details