Main Article Content

Abstract

Rendahnya kesadaran peserta didik terhadap pentingnya sikap saling menghargai dalam keragaman merupakan tantangan dalam pendidikan karakter, khususnya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap saling menghargai dalam keragaman melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL) pada peserta didik kelas IV UPTD SD Negeri 111 Botto. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 24 peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PjBL secara efektif mampu meningkatkan sikap saling menghargai peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata dari 65,41 pada pra tindakan menjadi 75,41 pada siklus I, dan meningkat signifikan menjadi 87,08 pada siklus II. Selain itu, ketuntasan klasikal meningkat dari 37,5% pada pra tindakan menjadi 70,8% pada siklus I, dan mencapai 95,8% pada siklus II. Temuan ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat menjadi strategi yang efektif dalam membentuk karakter peserta didik, khususnya dalam membangun sikap saling menghargai dalam keberagaman.

Article Details