BAHAN AJAR APRESIASI PUISI UNTUK MADRASAH TSANAWIYAH DENGAN PENDEKATAN QUANTUM LEARNING (Penelitian Pengembangan di Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Semarang)

Sari Hernawati, Linda Indiyarti Putri

Abstract


Salah satu persyaratan penting agar terwujudnya pembelajaran apresiasi puisi yang efektif, efisien dan menyenangkan adalah dengan tersedianya buku atau materi ajar yang menarik, yang bervariasi sesuai dengan tuntunan kurikulum, kebutuhan siswa, sekolah, dan sesuai dengan perkembangan globalisasi. Penelitian ini berorientasi pada pengembangan produk yang digunakan untuk pemecahan masalah pembelajaran apresiasi puisi di Mts. Produk yang dikembangkan adalah bahan ajar apresiasi puisi dengan pendekatan quantum learning. Tahap pengembangan bahan ajar adalah perencanaan, studi eksplorasi, pengembangan bentuk awal produk, validasi produk (validasi ahli, uji lapangan awal dan perbaikan, uji lapangan utama dan perbaikan, uji lapangan operasional dan perbaikan akhir). Hasil uji t non independen skor pre test kelas terbatas diperoleh nilai t (6,11) kemudian dikonsultasikan dengan nilai tabel (dengan N = 40, a = 0,05) diperoleh 1,67. Jadi thit> t tabel maka dapat disimpulkan bahwa buku materi ajar awal yang diujicobakan efektif untuk pembelajaran apresiasi puisi di MTs Darul Ulum. Sedangkan hasil uji t non independen skor pre test diperoleh nilai t (24,75) kemudian dikonsultasikan dengan nilai tabel (dengan N = 120, a = 0,05) diperoleh 1,66. Jadi thit> t tabel maka dapat disimpulkan bahwa buku materi ajar yang diujicobakan efektif untuk pembelajaran apresiasi puisi di MTs Darul Ulum.

Kata Kunci: Bahan Ajar, Apresiasi Puisi, Quantum Learning


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31942/sd.v1i2.1714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SOSIO DIALEKTIKA IS INDEXED BY :

Google ScholarGoogle ScholarGoogle Scholar Google Scholar
 

Alamat kami di :

LP2M Universitas Wahid Hasyim
JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone: +628122884193 (Anna Yulia Hartati, S.IP., MA.) / +6287722594299 (ari)
Email: sosiodialektika@unwahas.ac.id

View My Stats