ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN JATINEGARA KABUPATEN TEGAL TAHUN 2019-2020

suharto suharto, Dita Maulina Permatasari

Abstract


Kualitas pelayanan merupakan suatu kondisi dimana tercipta hubungan yang dinamis antara pengguna maupun pemberi layanan, baik jasa,maupun manusia. karena pelayanan Publik merupakan Tugas utama dari aparatur sebagai abdi negara yang pastinya masyarakat ingin mendapatkan dan berharap pelayanan yang baik dan berkualitas sehingga masyarakat merasa puas,Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui yang pertama kualitas pelayanan publik di Kantor Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal, serta Faktor Faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan publik di Kantor Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal. metode yang digunakan adalah studi kasus atau penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis kualitas pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Jatinegara, pengumpulan data di lakukan dengan Observasi,wawancara,dan dokumentasi.
Penelitian ini peneliti menggunakan dimensi untuk mengukur kualitas pelayanan publik di Kantor Kecamatan Jatinegara yaitu dimensi Tangibel (Berwujud), Realiability (Kehandalan), Responsiviness (Ketanggapan), Assurnce (Jaminan), Emphaty (Empati) beserta bebarapa indikatornya menurut Hardiyansyah. Tetapi ada beberapa indikator yang belum berjalan sesuai dengan harapan masyarakat yang sering terjadi, antara lain ketidaknyamanan tempat karena sempit termasuk fasilitas di dalamnya yang belum lengkap, serta fasilitas seperti Printer, Komputer, kondisi blanko dan jaringan internet yang sering mengalami eror AC, Musola, Toilet dll masih sangat kurang, minimnya sumber daya pegawai terutama di pelayanan PATEN, Serta kondisi blanko dan jaringan internet yang sering mengalami eror, ketepatan waktu dalam pembuatan KTP, KK dan lain lain. Dan adanya kesalah fahaman masyarakat mengenai denda keterlambatan perubahan atau pembuatan KK, padahal aturan ini sudah masuk dalam peraturan daerah. Untuk faktor faktor pendukungnya adanya kesadaran masyarakat untuk mengetahui aturan yang ada sehingga pelayanan dapat berjalan dengan baik sesuai apa yang diharapkan oleh masyarakat, yaitu adanya fasilitas berupa jaringan yg lancar peralatan pelayanan seperti komputer, printer untuk memudahkan proses pelayanan di Kecamatan Jatinegara.


Full Text:

PDF

References


Anisa Siti,2018, Pengaruh Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat di Kantor Desa Helvetia,Medan : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sumatera Utara

Barata,Atep Adya,Dasar Dasar Pelayanan Prima.Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Bungin Burhan,2017,Metode Penelitian Kualitatif,Depok : Rajawali

Crystalia,Gita,2015 “kualitas pelayanan publik dikantor kecamatan pengasih Kabupaten Kulon Progo.Skripsi.Fakultas Ekonomi,Pendidikan Administrasi,Universitas Negeri Yogyakarta.

Hardiyansyah.2011.Kualitas Pelayanan Publik.Yogyakarta :Gava Media

Ismail Nurdin, Dr.Drs M.Si.2019.Kualitas Pelayanan Publik (Perilaku Aparatur dan Komunikasi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik ).Surabaya : Media Sahabat Cendekia

Lembaga Administrasi Negara dalam SANKRI buku III 2004,Hal 185

Lembaga Administrasi Negara.2016.Pelayanan Publik :modul pendidikan dan pelatihan dasar kader PNS.Jakarta

Megawati,Dwi,Analisis Konflik Sosial Pasca Pemilihan Kepala Desa Di Desa Babakan,Kecamatan Bodeh,Kabupaten Pemalang Tahun 2018,Semarang : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNWAHAS,2020,h.25-26

Modul Pelatihan dasar Kader PNS,pelayanan Publik,hal 13-14

Mumtaz ,Fairuzul.2003.Kupas Tuntas Metode Penelitian.Jogjakarta:Pustaka Diantara

Nurdin,ismail.2019.Kualitas Pelayanan Publik Perilaku Aparatur dan Komunikasi Birokrasi dalam Pelayanan Publik .Surabaya,Media sahabat Cendekia.

Prasetian Sri,2010 StudiPersepsi,Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia,Jakarta.

Ramadhani,dwi,Vintya,2015, Kualitas Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan Di Kantor Kecamatan Gondokusuman Yogyakarta,Yogyakarta:Fakultas Ekonomi Univeritas Negeri Yogyakarta

Ramadhani,Wahyu, 2017, Penegakan Hukum Dalam Menanggulangi Pungutan Liar Terhadap Pelayanan Publik ,Jurnal Hukum,Samudra Keadilan

Rahman Mulyawan. Dr 2016.Birokrasi Dan Pelayanan Publik : Unpad Press

Salim, dan Syahrum,2012,Metodologi Penelitia Kualitatif.Bandung :Citaspustaka Media

Satispi,Evi dan Taufiqurokhman.2018. Teori dan perkembangan Menejemen pelayanan public .Tangerang.

Sellang,Kamaruddin,Jamaluddin,dan Ahmad Mustanir,2019.Strategi Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.Sulawesi Selatan:CV Penerbit Qiara Media

Peraturan :

Keputusan Mentri Pendayagunaan Aparatur Negara No.63/Kep/M/7/2003

SK MENPAN RI, 1993, Karakteristik Pelayanan, Jakarta

Peraturan Bupati Tegal.2019.Undang – Undang No.75Tentang Kedudukan,Susunan Organisasi Tugas dan Fungsi serta tata kerja Kecamatan

Peraturan Daerah Kab Tegal Tentang Retribusi Izin Mendirikan Bangunan

Peraturan Daerah Kab Tegal No.1 Th 2015 Tentang Penyelenggara Administrasi Kependudukan (Pasal 60)

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara RI ,Tentang Pedoman kinerja Unit penyelenggara Pelayanan Publik ,Jakarta,2027,h.8

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan ublik

Peraturan Mentri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomer 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomer 63 Tahun 2014 tentang Pedoman Umum Penyelenggara Pelayanan Publik

Undang Undang No.5 Thn 2009 Tentang Pelayanan Publik

Undang Undang No.24 Th 2013 Tentang Administrasi Kependudukan (Pasal 79A)

Katalog BPS Kab Tegal,2019,Kecamatan Jatinegara dalam rangka 2019,Tegal,CV Kurniawan

Katalog BPS Kab Tegal,2020,Kecamatan Jatinegara dalam rangka 2020,Tegal,CV Kurniawan

Jurnal:

Lembaga Administrasi Negara.2016.Pelayanan Publik :modul pendidikan dan pelatihan dasar kader PNS.Jakarta

Ramadhani,Wahyu, 2017, Penegakan Hukum Dalam Menanggulangi Pungutan Liar Terhadap Pelayanan Publik ,Jurnal Hukum, Samudra Keadilan




DOI: http://dx.doi.org/10.31942/jqi.v15i2.7508

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY :

Google ScholarGoogle ScholarGoogle Scholar Google ScholarGoogle Scholar

 

 

 


Alamat kami di :

Fakultas Hukum Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone: +626281327592589
Email: jurnalqistie@unwahas.ac.id

 

 
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Visitor Jurnal Qistie