Optimalisasi Distribusi Karyawan Untuk Meningkatkan Penjualan Paket Data Internet Menggunakan Metode Simplex

Hozairi ., Miftahul Arifin, Norhofifah ., Fitriyah .

Abstract


Paper ini bertujuan untuk menentukan optimasi penjualan paket data internet dengan batasan jumlah marketing yang dimiliki perusahaan dan targetnya adalah meningkatkan keuntungan perusahaan. Analisis yang digunakan adalah linier programing dengan metode Simplex, keuntungan metode ini mampu menghitung dua atau lebih variabel keputusan yang hasilnya lebih baik daripada metode grafik. Varibel yang digunakan pada penelitian ini ada tiga, yaitu marketing senior (X1), marketing junior (X2), dan marketing magang (X3) dengan batasan kartu paket data yang harus dijual oleh ketiga marketing adalah 3000. Hasil simulasi optimasi menggunakan metode simplek diperoleh distribusi maksimum bahwa marketing senior target menjual 1200/paket, marketing junior target mampu menjual 1200/paket, dan marketing magang target mampu menjual 600/paket. Jumlah insentif marketing senior mendapatkan insentif Rp. 600.000/bulan, insentif marketing junior Rp. 375.000/bulan dan insentif arketing magang Rp. 150.000/bulan dengan total insentif yang harus dikeluarkan perusahaan adalah Rp. 9.600.000,-/bulan, dan perusahaan mampu menjual 3000 paket data/bulan, dengan capaian tersebut perusahaan akan mendapatkan keuntungan Rp. 30.000.000,-/bulan. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi perusahaan untuk menentukan target marketing dan mengatur strategi promosinya sehingga perusahaan memperoleh keuntungan yang optimal.

Keywords


Simplex, Optimalisasi, Solver Excel



DOI: http://dx.doi.org/10.36499/psnst.v1i1.5076

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Address : :

Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone:  +6285226622609
 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.