PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN TERINTEGRASI MENGGUNAKAN WEB SERVICE DI CV. SEJAHTERA

Firman Alamsyah, Wina Witanti, Asep Id Hadiana

Abstract


Web service atau layanan web digunakan untuk media komunikasi dengan berbagai sistem atau platform yang berbeda. REST (Representational State Transfer) merupakan salah satu arsitektur dari web service, dengan arsitektur REST yang dapat membantu perusahaan untuk saling terintegrasi. Perusahaan CV. Sejahtera bergerak di bidang penjualan ban, memasarkan barang ke 300 Toko, sekaligus sebagai distributor ban Dunlop. Terdapat 300 Toko yang telah memiliki sistem informasi penjualan digunakan untuk transaksi ke pelanggan, namun untuk pemesanan barang, dilakukan menggunakan empat cara yaitu melalui e-mail, telepon, Sales atau mendatangi langsung ke CV. Sejahtera, menyebabkan beberapa informasi yang tidak tersampaikan dengan benar karena semua pesanan dilakukan pencatatan ulang ke dalam sistem informasi CV. Sejahtera. Sehingga menyebabkan terjadinya beberapa kesalahan pengiriman barang ke Toko dan memerlukan biaya operasional untuk melakukan penukaran barang. Tujuan penelitian yang dilakukan untuk membangun sistem informasi penjualan terintegrasi menggunakan web service dengan menggunakan metode transformasi proses bisnis dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dengan membangun sistem informasi penjualan terintegrasi menggunakan web service. Dengan adanya teknologi web service tersebut Toko dapat langsung memesan barang melalui masing masing sistem informasi yang dimiliki Toko ke sistem informasi CV. Sejahtera tanpa harus adanya melakukan pencatatan ulang.

Kata kunci : Sistem Informasi, CV. Sejahtera, web service, Transformasi Proses Bisnis.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.