PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KEPUASAN LAYANAN PENDIDIKAN DENGAN PENDEKATAN NAÏVE BAYES STUDI KASUS DI NATION STAR ACADEMY

Yulius Hari, Kevin Brian, Indra Budi Trisno

Abstract


Kepuasan dalam layanan pendidikan memegang peranan penting dalam peningkatan kinerja dan juga performa sebuah lembaga pendidikan. Dalam hal ini seringkali tingkat kepuasan peserta didik belum terukur secara optimal, dimana suara dari siswa atau peserta didik masih relatif belum terakomodir dengan baik. Hal ini memberikan disparitas informasi antara guru pengajar sebagai evaluator dengan siswa sebagai peserta didik dan juga penerima layanan pendidikan. Pengajar atau guru di sekolah memiliki peran yang sangat penting untuk dalam perkembangan peserta didiknya, maka dari itu, sangat diperlukan sebuah mekanisme sistem untuk mengukur kepuasan layanan pendidikan baik dari guru pengajar maupun penunjangnya. Hal ini untuk memberikan sebuah evaluasi dalam kinerja guru dalam sekolah terlepas dari kemampuan akademiknya. Secara garis besar siswa dapat melakukan pengisian angket penilaian layanan pendidikan melalui angket online, data akan disimpan dalam database yang nantinya akan diolah hingga menghasilkan laporan secara otomatis oleh sistem. Dalam pengembangan  sistem ini pendekatan dengan Naïve Bayes untuk melakukan pemeringkatan dari kinerja guru dan rekomendasi perbaikan ataupun pengembangan. Penelitian ini diujicobakan di sekolah Nation Star Academy dengan jumlah responden siswa 300 orang dan jumlah guru 40 orang. Hasil dari sistem ini mampu memberikan rekomendasi dan pemeringkatan kinerja guru.

Kata kunci : Angket Kinerja, Naïve Bayes, Sistem Evaluasi.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.