PEMBANGUNAN SISTEM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) BERBASIS RECENCY FREQUENCY MONETARY (RFM) PADA KLINIK KECANTIKAN AURAKU SKIN SOLUTION

Tiara Rahmawati, Yulison Herry Chrisnanto, Fajri Rakhmat Umbara

Abstract


Auraku Skin Solution merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan barang dan jasa pelayanan kesehatan, jasa yang diberikan berupa perawatan kecantikan. Berdasarkan data yang didapat dari Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Cimahi, jumlah klinik kecantikan yang ada di Kota Cimahi sebanyak 30 klinik menyebabkan adanya persaingan di dalam dunia bisnis klinik kecantikan untuk mendapat pelanggan menjadi lebih tinggi. Pelanggan kesulitan untuk mendapatkan informasi maupun memesan jadwal konsultasi, selain itu juga kurangnya tempat untuk menampung pelanggan yang mempunyai keluhan ataupun saran seputar pelayanan maupun produk yang ada pada Klinik Auraku yang menyebabkan pelanggan tidak puas. Customer Relationship Management (CRM) merupakan strategi yang digunakan dalam suatu perusahaan yang bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, mendapatkan pelanggan, mempertahankan, dan meningkatkan jumlah pelanggan perusahaan dengan menggunakan konsep Recency, Frecuency, Monetary (RFM) yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem Customer Relationship Management (CRM) berbasis website. Pengembangan sistem penelitian ini menggunakan model waterfall. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat mempertahankan pelanggan dan pemberian informasi yang akurat guna  meningkatkan jumlah pelanggan pada Klinik Kecantikan Auraku dan mempermudah Klinik Kecantikan Auraku mendapatkan pelanggan baru.

Kata kunci : Customer Relationship Management; Klinik Kecantikan;  Pelanggan.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.