ANALISA KONTAK PADA SAMBUNGAN TULANG PINGGUL BUATAN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA

Yuris Setyoadi, Iwan Budiwan Anwar, Rifky Ismail, . Jamari

Abstract


Aplikasi dari disiplin ilmu yang berkaitan dengan teknik mesin dalam berbagai aspek kehidupan semakin luas cakupannya, termasuk di bidang ortopedi. Hip joint manusia yang telah mengalami kerusakan parah pada bagian tulang rawannya akibat penyakit maupun benturan dapat diatasi dengan cara mengganti hip joint tersebut dengan artificial hip joint yang sesuai dengan ukuran orang Indonesia. Sebelum total hip joint replacement dipasang pada tubuh, perlu dilakukan simulasi proses ini dengan program komputer agar diperoleh gambaran tentang kekuatan material hip joint sebelum benar-benar ditanam.
Artificial hip joint cementless yang terdiri dari acetabular shell (CoCr), acetabular liner (UHMWPE), femoral head ( 316L), dan stem (316L). Pada penelitian kali ini akan diambil kasus simulasi kontak total hip joint cementless cememtless pada sambungan tulang pinggul buatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa variasi pembebanan gaya dengan gaya 1) 735,75 N 2) 1471,5 N 3) 2943 N pembebanan gaya terrsebut diasumsikan manusia dalam posisi tegak normal, pada saat menaiki tangga dan menuruni tangga. Distribusi tekanan kontak berpengaruh pada keausan dan kestabilan total hip joint replacement cementless.
Analisa kontak dilakukan menggunakan metode elemen hingga dengan bantuan software COSMOSXPRESS. Dari hasil yang diperoleh hip joint cementless (tanpa cement) dengan variasi beban gaya 1) 735,75 N 2) 1471,5 N 3) 2943 N dihasilkan von mises stress sebesar 1) 6.370.9929 MPa 2) 12.741.858 MPa 3) 25.483.718 MPa.
Kata kunci: Artificial hip joint cementless, UHMWPE, Metode Elemen Hingga

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.