MANAJEMEN RISIKO TEKANAN KERJA PADA OPERATOR CALL CENTER INDOSAT OOREDO

Naniek Utami Handayani, Diana Puspita Sari, AAS Manik Mahachandra, Bedietra Adriz Rachmania, Reza Trianto

Abstract


Tingginya tingkat stres pada operator call center tinggi, membuat operator tidak betah dengan pekerjaannya, dan menyebabkan tingginya turnover karyawan pada perusahaan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi agen risiko dan membangun mitigasi risiko terhadap tingginya turnover pada call center Indosat Ooredoo yang disebabkan oleh tekanan kerja pada operator call center. Metode yang digunakan adalah risk assesment. Terdapat 15 job stressors pada pekerjaan operator call center. Risiko dievaluasi dengan penyebaran kuisioner untuk menilai tingkat keparahan dan tingkat kejadian dari masing masing job stressors. Teridentifikasi lima job stressors yang paling berat yaitu adanya konflik peran, jam kerja yang tidak fleksibel, posisi kerja statis, komputer yang lemot, dan pelanggan yang marah-marah. Mitigasi risiko terhadap job stressors diusulkan untuk mengurangi tekanan kerja pada operator call center 

Kata kunci : Job stressors, call center, risiko, turnover

Full Text:

E.32._192-198.pdf


DOI: http://dx.doi.org/10.36499/psnst.v1i1.2347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Address : :

Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone:  +6285226622609
 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

https://heatbeatmiami.com/