MANAJEMEN RISIKO TEKANAN KERJA PADA OPERATOR CALL CENTER INDOSAT OOREDO
Abstract
Tingginya tingkat stres pada operator call center tinggi, membuat operator tidak betah dengan pekerjaannya, dan menyebabkan tingginya turnover karyawan pada perusahaan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi agen risiko dan membangun mitigasi risiko terhadap tingginya turnover pada call center Indosat Ooredoo yang disebabkan oleh tekanan kerja pada operator call center. Metode yang digunakan adalah risk assesment. Terdapat 15 job stressors pada pekerjaan operator call center. Risiko dievaluasi dengan penyebaran kuisioner untuk menilai tingkat keparahan dan tingkat kejadian dari masing masing job stressors. Teridentifikasi lima job stressors yang paling berat yaitu adanya konflik peran, jam kerja yang tidak fleksibel, posisi kerja statis, komputer yang lemot, dan pelanggan yang marah-marah. Mitigasi risiko terhadap job stressors diusulkan untuk mengurangi tekanan kerja pada operator call center
Kata kunci : Job stressors, call center, risiko, turnoverFull Text:
E.32._192-198.pdfDOI: http://dx.doi.org/10.36499/psnst.v1i1.2347
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Address : :
Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.