PENGOLAHAN LIMBAH CAIR PUPUK KADAR AMONIAK TINGGI DENGAN PROSES GABUNGAN MICROALGAE DAN NITRIFIKASI-DENITRIFIKASI AUTOTROFIK

Indro Sumantri, . Sumarno, Norma Afiati

Abstract


Proses biologis konvensional untuk penghilangan urea dan amonium pada air limbah pabrik urea menggunakan proses algae mikro atau proses nitrifikasi-denitrifikasi heterotrofik.  Proses yang menggunakan berbagai mikro algae mempunyai keunggulan input hara hanya senyawa P dan mampu menghilangkan urea secara total tetapi tidak mampu menghilangkan kandungan amoniumnya.  Proses nitrifikasi-denitrifikasi heterotrofik  membutuhkan input karbon organik yang tinggi pada proses denitrifikasinya sehingga biaya pengolahan menjadi tinggi.

Tujuan penelitian dengan skala bangku ini untuk mengevaluasi kemampuan sistem gabungan proses algae mikro dan nitrifikasi-denitrifikasi autotrofik.  Algae mikro yang digunakan merupakan spesies algae yang tahan terhadap konsentrasi amonium tinggi dan mampu menghilangkan amonium selain urea.  Untuk proses nitrifikasi-denitrifikasi  menggunakan lumpur nitrifying yang bersifat autotrofik sebagai biokatalis.   Penyediaan lumpur nitrifying secara teknis sangat mudah.  Lumpur nitrifying berasal dari lumpur aktif yang diperoleh dari unit pengolahan limbah industri partikel board yang telah diaklitimasi pada kondisi konsentrasi amonium tinggi dan autotrofik. Keunggulan masing-masing proses tersebut bila digabung akan menghasilkan proses yang lebih efisien dan murah.

Penelitian ini dilakukan dengan kondisi sebagai berikut : kadar SVI mikro algae 25 mL/L, kadar SVI lumpur 100 mL/L, laju aerasi yang digunakan 5 L/menit, waktu tinggal limbah 1 hari, rasio Ndan P : 20 : 1. Sedangkan sebagai variabel yang digunakan adalah beban amoniak antara 1000 – 3000 mg/L. Penurunan kadar amoniak yang diukur dilakukan pada akhir pengolahan yaitu setelah  bak lumpur. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa prosentase penurunan kadar amoniak bisa mencapai 67 %.

Kata kunci : proses mikroalga, proses nitrifikasi-denitrifikasi autotrofik, pengayaan dan breeding lumpur nitrifikasi

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.