TEKNIK VECTOR SPACE MODEL (VSM) DALAM PENENTUAN PENANGANAN DAMPAK GAME ONLINE PADA ANA

Bania Amburika, Yulison Herry Chrisnanto, Wisnu Uriawan

Abstract


Perkembangan teknologi informasi menjadi lingkungan baru bagi anak, anak dapat dengan mudah bergaul dan mengikuti perkembangan tersebut. Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat salah satu contohnya yaitu banyaknya permainan game online. Game online merupakan permainan yang dimainkan secara nyata, melawan pihak lain, dengan waktu terpisah dan dibantu oleh PC/handphone, serta dapat dimainkan dengan mudah oleh anak sehingga seorang anak dapat terikat pada game online dan mengalami kecanduan. Kecanduan game online pada anak dapat menjadikan pengaruh buruk bagi perkembangan anak sehingga orang tua perlu mengetahui dampak buruk serta penanganan dari ketergantungan yang diakibatkan oleh game online. Berdasarkan hal tersebut, dapat dibangun sebuah sistem yang dapat menjadi rekomendasi orang tua dalam penentuan penanganan dampak game online pada anak yang mengalami kecanduan. Untuk melakukan proses penentuan penanganan, metode yang digunakan adalah Vector Space Model (VSM), metode ini merupakan metode yang digunakan untuk mengukur tingkat kemiripan pada setiap gejala yang dimasukan oleh pengguna dan membandingkan dengan gejala yang sudah tersimpan didalam database.  Hasil dari penelitian ini berupa rekomendasi penanganan yang dapat dilakukan berdasarkan gejala yang menjadi masukan.

Kata Kunci : Game online, Gejala, VSM (Vector Space Model)

Full Text:

F13.73-78.PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36499/psnst.v1i1.1512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Address : :

Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone:  +6285226622609
 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.