SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN VENDOR MANAGEMENT MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HYRARCY PROCESS (AHP) DAN TECHNIQUE FOR OTHERS REFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS)

Anggita Putri Pratama, Gunawan Abdillah, Faiza Renaldi

Abstract


Dalam hal memilih vendor, pihak La Gardena sulit untuk menjabarkan detail paket dari setiap vendor pada penyewa. Detail paket tersebut terdiri dari jenis paket, jenis acara, dan harga paket. Pengelolaan data vendor yang tidak tersusun rapi menyulitkan untuk mendapatkan keluaran berupa vendor mana yang lebih tepat untuk menangani acara yang diseleggarakan oleh calon penyewa. Berdasarkan hal tersebut, dapat dibangun sistem pendukung keputusan pemilihan vendor untuk calon penyewa gedung. Guna memberikan rekomendasi berdasarkan nilai kriteria yang dibutuhkan oleh calon penyewa pada umumnya dan diselesaikan dengan metode Analytical Hyrarcy Process (AHP) metode ini merupakan metode yang menguraikan masalah multi faktor atau multi kriteria yang kompleks menjadi suatu hirarki, hirarki didefinisikan sebagai suatu representasi dari sebuah permasalahan yang kompleks dalam suatu struktur multi-level. Diilanjutkan ke proses pengurutan alternatif dengan metode Technique For Others Reference by Similarity to Ideal Solution TOPSIS. TOPSIS merpertimbangkan keduanya, jarak terhadap solusi ideal positif dan jarak terhadap solusi ideal negatif dengan mengambil kedekatan relatif terhadap solusi ideal positif. Hasil dari penelitian ini berupa solusi dan rekomendasi dalam pemilihan vendor dalam, mendukung proses pengambilan keputusan oleh calon penyewa/penyewa.

Kata Kunci: Analytical Hyrarcy Process (AHP), La Gardena, Sistem, Technique for Others Reference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS), Vendor


Full Text:

F11.60-66.PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.