PENINGKATAN JUMLAH PENDAFTAR PENERIMAAN SISWA BARU MELALUI PENERAPAN BISNIS INTELEGENT DENGAN TEKNIK OLAP ( ONLINE ANALYCTICAL PROCESS )

Tri Ginanjar Laksana, Bodhi Waluyo Swarna Jakti

Abstract


Penerimaan Jumlah pendaftar siswa baru PSB di SMK Islam Annur Losari selama 5 periode terakhir mengalami  pasang surut yang signifikan, dikarenakan daya saing antar sekolah yang semakin tinggi. Keadaan saat ini, pemerintah menerapkan aturan yang sulit dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan kurikulum 2013 ( KURTILAS ) khususnya di wilayah Brebes, Selain hal tersebut, khususnya Sekolah Menengah Kejuruan saling meningkatkan kualitas pendidikan salah satunya adalah pembenahan sarana dan prasarana dalam meningkatkan jumlah pendaftar mahasiswa baru. Penelitian ini akan menggunakan teknik OLAP ( Online Analyctical Processing ) yang didalamnya terdapat tahapan dalam menyelesaikan kasus ini, seperti Analysis Services Project, Integration Service Project, dan Reporting Service Project, Dalam membangun Aplikasi Bisnis Intelijen, Alat bantu yang digunakan adalah POWER OLAP Versi 14, data yang digunakan dari penelitian ini adalah data set ( data warehouse ) penerimaan siswa baru angkatan tahun 2010 – 2015 pada SMK Islam Annur Losari. Penelitian ini diharapakan menghasilkan prediksi atau analisa sementara untuk meningkatkan jumlah pendaftar guna mempermudah pihak SMK Islam Annur Losari  dalam menganalisis perkembangan data Penerimaan Siswa Baru (PSB) dan mengetahui data informasi yang akurat, dan dengan hasil prediksi ini diharapkan pula dapat meningkatkan persentasi jumlah pendaftar penerimaan siswa baru di SMK Islam Annur Losari.

Kata kunci: Bisnis Intelijen, KTSP, Kurtilas OLAP, Power OLAP, Warehouse

Full Text:

F2.7-12.PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36499/psnst.v1i1.1500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Address : :

Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone:  +6285226622609
 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.