MENGGUNAKAN DATA MINING UNTUK SEGMENTASI CUSTOMER PADA BANK UNTUK MENINGKATKAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DENGAN METODE KLASIFIKASI (AGORITMA J-48, ZERO-R DAN NAIVE BAYES)

Maghfirah Maghfirah, Teguh Bharata Adji, Noor Akhmad Setiawan

Abstract


Paper ini akan membahas mengenai salah satu model strategi pemasaran yaitu Customer Segmentation yang membantu pihak bank untuk membagi pasar menjadi kelompok nasabah yang terbedakan dengan kebutuhan, karakteristik atau tingkah laku yang berbada yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang terpisah. Customer Segmentation dapat dilakukan dengan bantuan teknik Data Mining. Oleh karena itu, dalam paper ini akan dilakukan analisis dari dataset yang berasal dari data Bank Marketing dari marketing sebuah Bank di Portugis yang berhubungan dengan berlangganan Deposito Bank dengan menggunakan salah satu dari teknik data mining yaitu teknik Classification dengan membandingkan algoritma Naive Bayes, Rules Zero-R, dan Trees J-48. Dan hasil dari penerapan ketiga algoritma tersebut dalam paper ini menunjukkan bahwa dengan algoritma J-48 memberikan hasil terbaik dengan error rate terkecil, yaitu 5.8769%. Sedangkan jika dilihat dari segi efiesiensi waktu dan hasil klasifikasi, algoritma Zero-R memberikan hasil terbaik (0,03 detik). Selanjutnya dari hasil yang telah diperoleh tersebut diharapkan dapat dihasilkan Customer Segmentation yang sesuai dengan kebutuhan bank yang dapat meningkatkan kualitas servis dan revenue dari bank tersebut.

Kata Kunci : Bank Customer Segmentation, Classification, Datamining

Full Text:

E11.65-70.PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.