MODEL TEKNOLOGI UNTUK MEDIA PROMOSI VISUAL KESENIAN WAYANG KULIT

Leocadia Desy Pranatalisa, Ridwan Sanjaya

Abstract


Saat ini sudah semakin jarang dijumpai pertunjukan Wayang Kulit baik melalui media televisi maupun pertunjukan langsung di lingkungan masyarakat. Bahkan generasi muda saat ini tidak banyak yang tahu mengenai kesenian Wayang Kulit dan dalang-dalang yang menekuni bidang ini. Promosi lebih banyak terjadi melalui media lisan jika ada seseorang yang membutuhkan pertunjukan ini. Perlu adanya pengembangan media promosi visual yang dapat disebarkan melalui teknologi saat ini. Namun kemasan tidak hanya sekedar tampilan pertunjukan semata, tetapi juga dikemas dalam bentuk visual yang menarik. Melalui teknologi yang mudah, dalang dan sanggar dapat mengembangkan promosi dengan lebih aktif. Tulisan ini akan memaparkan analisa teknologi yang mudah dan dapat diterapkan untuk para dalang yang tidak mempunyai latar belakang teknologi. Persepsi kemudahan dan video yang dihasilkan akan menjadi model dalam menggerakkan promosi kesenian Wayang Kulit.

Kata kunci: Kemasan Video, Kemudahan, Promosi Visual, Teknologi Mudah, Wayang Kulit

Full Text:

F7. 35-38.PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36499/psnst.v1i1.1022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Address : :

Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim

JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Handphone:  +6285226622609
 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.