AKTIVITAS DAN HABITUASI KEAGAMAAN SISWA SDIT NIDAUL HIKMAH
Abstract
Hasil penelitian memaparkan bahwa aktifitas keagamaan yang dilakukan di SDIT Nidaul Hikmah Kota Salatiga Tahun 2018 berupa: ceramah keagamaan, PHBI dan pengamalan ajaran agama berupa: shalat dhuha, tahfidz, dan shalat berjamaah (Dhuhur, dan Azhar). Aktivitas keagamaan berkontribusi bagi diri siswa antara lain :1) menanamkan pembiasaan beribadah, 2) menumbuhkan kedisiplinan, dan membiasakan siswa hidup dekat dengan agama, 3) pembiasaan anak berperilaku sesuai nilai- nilai ajaran Islam, jujur, bertanggung jawab dan berkarakter.
Kesimpulan penelitian ini adalah aktivitas dan habituasi memberikan kontribusi yang positif pada diri siswa di SDIT Nidaul Hikmah yang berupa kedisiplinan, kejujuran, tanggung jawab dan perilaku sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alim, Muhammad. Pendidikan Agama Islam; Upaya Pembentukan Pemikirandan Kepribadian Muslim.Cet. I, Bandung: PT. RemajaRosdakarya, 2006.
Amilia, Fitri, “Pemahaman dan Habituasi untuk Membangun Kompetensi Menulis Praktis dan Ilmiah”Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya,( 2018): 22 – 31.
Arief, Armai.Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam.Jakarta: Ciputat Press, 2002.
Binti Maunah, “Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa”, JurnalPendidikanKarakter, ( 2015): 90-101.
Binti Maunah. Metodologi Pengajaran Agama Islam.Yogyakarta: Teras, 2009.
Bourdieu, P., Menyingkap KuasaSimbol. Terj.FauziFashri. Yogyakara: Jalan sutra, 1992.
DirjenBimbaga Islam. Petunjuk 354 Pelaksanaan Kurikulum Sekolah Menengah Umum/GBPP Mata Pelajaran Agama Islam.Jakarta :Departemen Agama RI, 1997.
Djumhana,Hanna.Integrasi Psikologi dengan Islam Menuju Psikologi Islami, Yogyakarta: Yayasan Insan Kamil dan Pustaka Pelajar, 2001.
Hakim. Belajar secara efektif. Jakarta: Puspa Swara, 2012.
L Crow, A. Crow. PsikologiPendidikan, NurCahaya, 1989.
Majid, Abdul & Dian Andayani.Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung : RosdaKarya,2005.
Munandar ,“Haris Pola Pembinaan Keagamaan Di SMA Plus Boarding School Astha Hannas Subang” , JurnalTarbiyah,( 2018):20-39.
Munandar ,Haris , “PolaPembinaanKeagamaan Di SMA Plus Boarding School Astha Hannas Subang” , JurnalTarbiyah,( 2018):22-39
P. McPhail, Social and Moral Education, London, Basil Black Well, 1982.
Poerwadarmint, W. J.S.,Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka, 1984.
Purwanto, M.Ngalim, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung : Remaja Rosdakarya, 2002.
Republik Indonesia. Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007.Tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan. (22 April 2010).
Republik Indonesia.Undang-UndangNomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.Jakarta: Departemen Agama R.I., Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, 2007.
Sadiah, Dewi, “Pengembangan Model Pendidikan Nilai-Nilai Keberagamaan Dalam Membina Kepribadian Sehat”, Jurnal Penelitian Pendidikan( 2010): 97-106.
Soekanto,Soejono.KamusSosiolog.Rajawali Press, Jakarta, 1989.
Sueyabrata, Sumadi.PsikologiPendidikan.Jakarta: CV Rajawali press, 1984.
Sugiyono. Statistika Untuk Penelitian.Bandung: Alfabeta, 2006.
Susanto, Ahmad, “Proses Habituasi Nilai Disiplin Pada Anak Usia Dini Dalam Kerangka Pembentukan Karakter Bangsa”, Jurnal Sosioriligi, Volume 15 Nomor 1 (Maret 2017), 20-21.
Syah , Muhibin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru.Bandung: PT. RemajaRosdaKarya, 2003.
Zaenul, F. Penididikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.
DOI: http://dx.doi.org/10.31942/pgrs.v9i1.4458
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas dan Intelektualitas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY :
Alamat kami di :
PKPI2 FAI Universitas Wahid Hasyim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats